Blora on News :
Home » , » Mahasiswa UGM Latih Petani Desa Kebonrejo Olah Jerami Kering Jadi Pakan Ternak

Mahasiswa UGM Latih Petani Desa Kebonrejo Olah Jerami Kering Jadi Pakan Ternak

infoblora.com on Jul 24, 2015 | 12:30 PM

Petani Desa Kebonrejo Kecamatan Banjarejo Blora dilatih pembuatan pakan ternak
dari jerami kering oleh Mahasiswa UGM.
BLORA. Mahasiswa KKN UGM memberikan pelatihan pengolahan jerami padi kering menjadi jerami padi fermentasi bagi masyarakat Desa Kebonrejo, Kecamatan Banjarejo, Blora Jawa Tengah. Dalam kegiatan itu selain diberikan penyuluhan, masyarakat diajak melakukan praktek secara langsung pembuatan jerami fermentasi.

Koordinator mahaisswa KKN, Abdussalam Al Ghozali menyampaikan di musim kemarau sebagian besar peternak selalu mengalami kesulitan dalam pengadaan pakan khususnya berupa rumput atau hijauan. Bisanya sebagaian besar masyarakat menggunakan pakan alternatif berupa jerami padi kering guna memenuhi kebutuhan pakan ternaknya di musim kemarau. Hanya saja, pemberian jerami padi kering dalam jangka waktu lama belum mampu mencukupi kebutuhan nutrisi ternak. 

“Jika pemberiannya sampai 5 bulan sapi bisa kekurangan nutrisi karena kadar protein kasar dari jerami padi kering sangat rendah berkisar antara 3-4 persen saja,” kata mahasiswa Ilmu dan Industri Peternakan UGM ini, dalam rilis yang dikirim Kamis (23/7) kemarin.

Karenanya perlu adanya terobosan untuk mendukung pengadaan pakan yang telah dilakukan kebanyakan masyarakat agar tercipta pakan ternak yang berkualitas dan selalu tersedia sepanjang tahun. Salah satunya dapat dilakukan dengan mengolah jerami padi kering menjadi jerami padi fermentasi. Bahkan menjadi pakan komplit dengan penambahan bekatul sehingga kualitasnya dapat meningkat. 

“Kita beri pelatihan ini untuk mendukung pengadaan pakan sapi yang berkualitas di Blora,” jelasnya.

Seperti diketahui Kabupaten Blora adalah salah satu daerah lumbung sapi potong di Jawa Tengah. Setidaknya 16-17 persen populasi sapi Jawa Tengah berada di wilayah ini. Ghozali mengatakan bahwa di Desa Kebonrejo ini hampir setiap kepala keluarga memiliki ternak sapi. Oleh sebab itu, kegiatan peningkatan kualitas stok pakan jerami padi ini menjadi penting untuk disampaikan kepada warga setempat untuk segera direalisasikan.

“Warga sangat antusias mengikuti sosialisasi dan pelatihan pembuatan jerami padi fermentasi ini. Bahkan tidak sedikit yang mengungkapkan ingin mencoba mengolah jeraminya menjadi jerami fermentasi,”urainya.

Sementara Bambang Suwignyo, S.Pt, MP, Ph.D., dosen pembimbing lapangan mahasiswa KKN UGM mengatakan pengolahan jerami padi kering menjadi jerami fermentasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pakan. Terlebih jika bisa dilanjutkan menjadi complete feed (pakan komplit) dengan penambahan bekatul kualitas pakan dapat meningkat dari kadar protein 3-4 persen menjadi 7-8 persen.

“Upaya peningkatan kualitas pakan ternak salah satunya lewat pengolahan jerami padi kering penting dilakukan untuk mendukung usaha peternakan di Indonesia,” katanya. (Humas UGM | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved