Blora on News :
Home » , » Libur Lebaran Selesai, Warga Blora Geruduk Kantor Samsat dan Satlantas

Libur Lebaran Selesai, Warga Blora Geruduk Kantor Samsat dan Satlantas

infoblora.com on Jul 23, 2015 | 10:17 AM

Ruang tunggu Kantor UP3AD Samsat Blora dipenuhi para wajib pajak sejak kemarin.
BLORA. Setelah liburan Idul Fitri dan cuti bersama habis, beberapa kantor pelayanan masyarakat di Blora digeruduk warga yang hendak mengurus dokumen administrasi. Seperti yang tampak di kantor Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Samsat Blora, sejak hari pertama masuk Rabu (22/7) kemarin sudah dipadati ratusan wajib pajak.

Berdasarkan pengamatan, mulai pukul 07.00 WIB sudah banyak para wajib pajak yang antri di depan Gedung Samsat walau pelayanan belum dimulai. Begitu kantor buka, antrian panjang langsung terjadi di depan loket pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Kepala UP3AD Samsat Blora, Drs David Budi Hantoro, MM, menjelaskan bahwa kondisi seperti ini merupakan situasi tahunan yang terjadi setiap usai masa liburan. “Dalam rangka Idul Fitri dan cuti bersama kemarin, kantor memang tutup selama enam hari terhitung sejak 16 Juli hingga 21 Juli. Sehingga pajak kendaraan bermotor yang jatuh tempo pada tanggal tersebut dipastikan baru dibayarkan pada hari pertama masuk kerja 22 Juli kemarin, otomatis antrian bertambah panjang. Mereka takut kena denda,” jelas David.

Untuk diketahui sebelumnya pihak UP3AD Samsat Blora telah mengumumkan bahwa kendaraan bermotor yang pajaknya jatuh tempo pada tanggal 16-21 Juli tidak akan dikenai denda keterlambatan pembayaran pajak jika didaftarkan pada 22 Juli atau hari pertama kerja. Namun jika baru didaftarkan pembayaran pajaknya setelah 22 Juli maka akan dikenai denda keterlambatan pembayaran pajak motor sebesar 2 persen per bulan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pajak dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) UP3AD Samsat Blora, Edy Muryanto SE, M.Si mengemukakan bahwa banyaknya antrian pengajuan pembayaran PKB selain disebabkan banyak kendaraan jatuh tempo saat liburan, juga karena banyak warga Blora yang merantau sedang pulang ke kampung halaman.

“Ketika moment lebaran banyak warga perantauan yang pulang kampung sekaligus mengurus pajak kendaraan bermotor miliknya. Sehingga antrian PKB semakin banyak. Meski demikian pelayanan kami lakukan sebaik mungkin hingga habis antrian tanpa menunda untuk dilanjutkan keesokan harinya,” kata Edy Muryanto.

Selain di kantor UP3AD Samsat Blora, kondisi yang sama juga terjadi di kantor Satlantas Polres Blora yang berada di Jl.Pemuda no.22 Blora. Sejak Rabu kemarin ratusan warga mengantri untuk mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) kendaraan bermotor yang sudah tidak berlaku, yakni dengan cara memperpanjang masa berlaku. Selain itu permohonan SIM baru juga masih banyak diajukan warga.

Kasatlantas Polres Blora, AKP Eko Pujiono mengakui bahwa sejak hari pertama efektif masuk kantor kemarin antrian panjang pengurusan SIM di kantornya mulai terjadi. “Antrian panjang terjadi akibat banyaknya masyarakat yang mengajukan perpanjangan SIM, terlebih para pemudik yang sedang pulang kampung. Sehingga mumpung di kampung sekalian memperpanjang SIM kepunyaannya yang akan habis masa berlakunya,” kata AKP Eko Pujiono.

Teguh Santosa, salah satu warga yang mengajukan perpanjangan SIM di Satlantas Polres Blora, Kamis pagi mengakui bahwa kali ini antrian panjang dan ruang tunggu pelayanan penuh sesak. “Saya nekad datang pagi pukul 08.00 WIB dengan harapan tidak mengantri lama. Ternyata sampai kantor Satlantas justru sudah banyak antrian, terpaksa menunggu lama,” keluh Teguh. (rs-infoblora)
Share this article :

2 komentar:

Musiknisasi Official said...

haha harus sigap itu, baca juga disini

Musiknisasi Official said...

haha harus sigap itu, baca juga disini

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved