Blora on News :
Home » , » Libur Lebaran, Pondok Sate Khas Blora Diserbu Para Pemudik

Libur Lebaran, Pondok Sate Khas Blora Diserbu Para Pemudik

infoblora.com on Jul 20, 2015 | 9:00 AM

Pondok Sate Blora di selatan Alun-alun dipenuhi kendaraan para pemudik yang berwisata kuliner.
BLORA. Kelezatan sate ayam, sate kambing dan sate sapi khas Blora sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan Blora telah lama dikenal sebagai salah satu Kota Sate di Indonesia, selain Sate Madura dan Sate Padang. Seperti saat libur lebaran kali ini beberapa pusat penjualan sate di Blora penuh sesak oleh para pemudik.

Berdasarkan pantauan di lapangan hingga Senin (20/7) hari ini Pondok Sate Blora "MUSTIKA" di selatan Alun-alun Blora masih dipenuhi pemudik dengan kendaraan bernomor polisi luar daerah Blora. Kebanyakan mereka adalah para pemudik asal Blora dan beberapa pemudik yang melintasi Blora.

Ramainya pengunjung Pondok Sate Blora mulai dirasakan oleh para pedagang sejak H-5 lebaran, sebab pada hari tersebut para pemudik luar kota yang kangen dengan kelezatan sate Blora mulai berdatangan.

Sate Ayam Blora dengan saus kacang lezatnya.
"Saya sengaja begitu datang dari Jakarta langsung njujuk di pondok sate ini. Karena sudah dua tahun tidak pulang. Rasanya sudah kangen enaknya sate asli Blora. Dan hari ini sebelum meninggalkan Blora, saya dan keluarga mampir lagi untuk makan siang disini," ungkap Sunarto, salah satu pemudik dari Kecamatan Jiken.

"Saya akui selain kangen keluarga, pengen kumpul saat keluarga. Kami serombongan juga kangen sate Blora yang enak, karena di Jakarta gak ada sate seenak ini," tambahnya sambil tersenyum.

Tidak hanya warga biasa yang ketagihan dan kangen sate Blora. Kemarin salah satu chef terkenal asal Jepang yang sering muncul di acara televisi, yakni chef Hiromitsu Harada juga berkunjung mencicipi kelezatan sate Blora. 

Chef yang setiap tahun mudik ke Blora, sebab istrinya asli Desa Gunungrowo Kecamatan Tunjungan ini mengakui bahwa sate Blora itu enak. "Setiap mudik ke Blora saya sempatkan bersama keluarga mampir makan sate. Selain sate, lontong tahu Blora juga enak," kata Chef Harada.

Chef Hiromitsu Harada (kiri) menggendong keponakannya saat berkunjung wisata kuliner di Pondok Sate Blora.
Ramainya pembeli sate pada musim  libur lebaran seperti saat ini memang menjadi waktu yang ditunggu-tunggu para pedagang setiap tahunnya. Saat lebaran, pendapatan pedagang naik drastis dan terkadang harus menyetok sate 3 kali lipat dari hari biasanya.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, harga Sate Ayam Blora setiap sepuluh tusuk adalah Rp 18.000. Namun disini pembeli dibebaskan makan sepuasnya karena penjualan tidak mengenal nama porsi. Pembayaran dihitung per tusuk sate yang dimakan.

Disinilah letak salah satu kekhasan Sate Blora. Pembeli dipersilahkan makan sepuasnya, dan terakhir baru dihitung tusuk sate yang habis dimakan untuk dibayar. Per tusuk dihargai Rp 1.800, sedangkan se[orsi nasi dihargai Rp 2.500. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved