Blora on News :
Home » , » Cegah Kerusakan Jalan, Ganjar Ingin Bangun Jembatan Timbang Portable

Cegah Kerusakan Jalan, Ganjar Ingin Bangun Jembatan Timbang Portable

infoblora.com on Jul 9, 2015 | 6:30 AM

Ganjar Pranowo (kiri) saat berdialog dengan masyarakat Randublatung Blora tentang penanganan kerusakan jalan.
BLORA. Sering rusaknya ruas jalan provinsi di wilayah Kabupaten Blora akibat banyaknya kendaraan besar yang berlebihan muatan mendapatkan perhatian khusus Gubernur Ganjar Pranowo. Seperti kerusakan di ruas Jl.Cepu-Randublatung-Singget yang menjadi jalur alternatif dari Jatim menuju Jateng beberapa hari lalu langsung ditinjau oleh orang nomor satu di Jawa Tengah ini.

Saat meninjau jalan di Randublatung dan berdialog dengan masyarakat setempat. Gubernur banyak dicurhati tentang penyebab kerusakan jalan provinsi di wilayah ini. Kebanyakan mereka “wadul” ke Ganjar kalau kerusakan jalan ini disebabkan banyaknya kendaraan berat berlebihan tonase yang melintas.

“Sakbenere wiwit kapan dalan ning kene iki rusak koyo ngene? Kiro-kiro opo penyebab’e?,” tanya Ganjar kepada masyarakat yang saat itu berkerumun di depan Perhutani KPH Randublatung.

“Jalan ini sudah rusak sejak beberapa tahun lalu Pak, kira-kira tahun 2011 sejak adanya proyek pembangunan jalur ganda kereta api (double track) sehingga banyak kendaraan berat dan truk-truk pengangkut material lalu-lalang. Sedangkan jalan tidak kuat menahan berat muatan truk-truk tersebut sehingga jalan bodol,” jelas Ariyanto, salah satu warga Randublatung di hadapan Gubernur.

Pernyataan senada juga diungkapkan Sugito, salah satu tukang becak yang sering mangkal di pertigaan Wulung Randublatung. “Jalan ini rusak gara-gara banyak truk kontainer besar yang melintas Pak. Jalur ini adalah alternatif dari Purwodadi menuju Cepu dan Jatim, karena badan jalan sempit dan dilalui truk-truk besar ya jadinya seperti ini rusak terus. Saya kalau mbecak jadi susah jalannya jeglong-jeglong Pak, harus ekstra tenaga ngonthel becak. Padahal pendapatan hanya Rp 5000 sekali jalan,” keluh Tonggik, sapaan akrab Sugito.

Berdasarkan data yang diperoleh memang jalan provinsi Cepu-Randublatung-Singget hingga Sulursari-Wirosari adalah jalur alternatif terdekat dari Cepu(Blora) menuju Purwodadi (Grobogan). Banyak kendaraan berat dan truk-truk besar berlebihan muatan melewati jalur ini. Diduga para sopir truk tersebut menghindari jembatan timbang Sambong yang ada di Jalan Blora-Cepu.

Menanggapi keadaan tersebut, Ganjar Pranowo berinisiatif akan membangun jembatan timbang portable di jalur Cepu-Randublatung-Singget. “Wah kalau kenyataannya seperti ini, coba nanti kita usahakan bangun jembatan timbang portable disini agar sopir-sopir truk nakal itu bisa jera. Nanti akan dikaji dulu dan dilihat kelas jalannya agar lebih kuat,” ungkap Ganjar.

Pasca kunjungan Ganjar di Randublatung pada Jumat (3/7) lalu, kini jalan provinsi ruas Cepu-Randublatung-Singget pun mulai banyak diperbaiki. Agar kondisi jalan lebih awet, pihaknya merencanakan membangun satu jembatan timbang portable di jalur tersebut. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved