Blora on News :
Home » , , » Beberapa Tahun Gagal, Bupati Kembali Desak DPRD Bahas Raperda Pajak Galian C

Beberapa Tahun Gagal, Bupati Kembali Desak DPRD Bahas Raperda Pajak Galian C

infoblora.com on Jul 2, 2015 | 2:30 AM

Bupati Djoko Nugroho meminta DPRD Blora segera melakukan pembahasan dan pengesahan raperda pajak galian C.
BLORA. Bupati Djoko Nugroho mendesak DPRD segera membahas rancangan peraturan daerah (raperda) pajak pertambangan mineral nonlogam dan batuan atau galian C.
Rancangan perda tersebut beberapa tahun lalu pernah diajukan oleh Pemkab ke DPRD. 

Hanya saja seiring diberlakukannya UU nomor 9 tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah yang mengatur kewenangan perizinan pertambangan tak lagi berada di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melainkan di Pemerintah Provinsi (Provinsi), pembahasan raperda pajak galian C itupun tak jadi dilakukan di DPRD.

“Memang berdasarkan UU Pemerintahan Daerah itu kewenangan perizinan pertambangan kini berada di Pemerintah Provinsi (Pemprov). Namun untuk pemungutan pajaknya, pemerintah daerah kabupaten dan kota masih berwenang. Karena itulah, kami meminta DPRD segera membahas ranperda pajak galian C,” ujar Djoko Nugroho, Rabu (1/7) kemarin.

Djoko Nugroho mengemukakan, selama ini daerah tidak mendapatkan manfaat dari adanya penambangan galian C dengan memungut pajaknya. Padahal jumlah pertambangan galian C di Blora cukup banyak.

Itu terjadi karena Blora belum memiliki perda yang menjadi payung hukum pemungutan pajak pertambangan galian C. Padahal potensi pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak galian C cukup besar, yakni mencapai Rp 6 miliar pertahun. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved