Blora on News :
Home » , , » 314 Mahasiswa ISI Surakarta Laksanakan KKN di Kabupaten Blora

314 Mahasiswa ISI Surakarta Laksanakan KKN di Kabupaten Blora

infoblora.com on Jul 7, 2015 | 1:00 AM

Bupati Djoko Nugroho (kiri) menerima rombongan mahasiswa ISI Surakarta di Pendopo Kabupaten yang
akan melaksanakan KKN di Blora hingga 15 Agustus mendatang.
BLORA. Sebanyak 314 Mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Blora yang dimulai hai Senin (6/7) kemarin hingga 15 Agustus mendatang.

Menurut Rektor Isi Surakarta, Sri Rochana Widyastutieningrum mengatakan lokasi KKN di 7 kecamatan, selama kurun waktu itu dirinya berharap mahasiswa bisa belajar banyak di Kabupaten Blora karena Blora memiliki potensi seni luar biasa banyaknya.

“Saya pernah melakukan penelitian disini kurang lebih 5 tahun, sehingga saya tahu disini banyak kesenian. Jangan sampai kesempatan ini tidak digunakan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutannya meminta kepada kepala desa agar pikiran dan tenaga mereka dimanfaatkan untuk memperbaiki desa. Lebih lanjut, di Kabupaten Blora banyak potensi yang bisa dikembangkan, seperti batik, kerajinan gerabah, dan kayu jati.

Dijelaskannya, Batik Blora sekarang mengalami kemajuan yang pesat, perlu ditingkatkan bagaimana corak maupun desainnya agar bisa bersaing dengan daerah lainnya yang sudah terkenal dengan batiknya. Tanah Blora kualitasnya sangat bagus untuk kerajinan gerabah bahkan menurut penelitian kualitasnya lebih bagus daripada Kasongan Yogyakarta.

Kabupaten Blora, lanjutnya kaya akan kayu jati dan kualitasnya terbaik di dunia. Menurutnya, selama ini masyarakat lebih suka menjual kayu glondongan sehingga perlu memberdayakan masyarakat agar mereka bisa menjual dalam bentuk barang jadi. Terlebih lagi kesenian di Blora juga sangat diperhitungkan di Jawa Tengah bahkan beberapa event nasional sudah diraih, lanjutnya. “Barongan mantab, Sinden Idol dari Blora banyak bahkan Solo kalah semua. Dalang-dalang cilik juga mbayani,” katanya.

Kedatangan mereka disambut Bupati Blora Djoko Nugroho, Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kab. Blora, Camat dan Kepala Desa yang menjadi lokasi KKN di pendopo rumah dinas Bupati. (DPPKKI | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved