Blora on News :
Home » , » 28 Mahasiswa UGM Laksanakan KKN PPM di Desa Kebonrejo Kec.Banjarejo

28 Mahasiswa UGM Laksanakan KKN PPM di Desa Kebonrejo Kec.Banjarejo

infoblora.com on Jul 8, 2015 | 5:00 AM

28 Mahasiswa UGM Yogyakarta melaksanakan kegiatan KKN PPM di Desa Kebonrejo Kecamatan Banjarejo Blora.
BLORA. Pemandangan tidak biasa terlihat di aula depan kantor Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, kemarin. Sejumlah mahasiswa mengenakan almamater Universitas Gadjah Mada duduk dengan rapi mendengarkan penyambutan dan penerimaan oleh pejabat kecamatan berserta jajarannya. Kedatangan mahasiswa UGM ini dalam rangka mengamalkan ilmu yang telah didapatkan di kampus melalui kegiatan KKN PPM (Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat).

Pengabdian masyarakat ini diikuti oleh 28 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai macam fakultas dan jurusan di Universitas Gadjah Mada. Kegiatan KKN akan dilaksanakan selama 2 bulan di Desa Kebonrejo, Kecamatan Banjarejo, Blora dari awal Juli hingga akhir Agustus nanti. Fokus pengabdian yang dilakukan adalah optimalisasi peternakan dan pertanian di Desa Kebonrejo.

Permasalahan utama yang terjadi di Desa Kebonrejo adalah kekeringan yang terjadi saat memasuki musim kemarau, sehingga dapat menurunkan produksi lahan pertanian apabila kebutuhan irigasi air tidak terpenuhi. Kepala Desa Kebonrejo, Sumadi berharap dengan hadirnya mahasiswa KKN PPM UGM ditengah-tengah masyarakat, mahasiswa dapat membantu mengoptimalkan lahan pertanian dan meningkatkan kualitas peternakan warga.

Program yang dijalankan selama dua bulan mencakup 4 hal yaitu pertanian-peternakan, kesehatan, sosio-humainora, dan sainstek. Beberapa contoh program yang akan dijalankan diantaranya kampung biogas, demfarm jagung, budidaya dan pengolahan pisang dan pepaya untuk home industry, pembuatan pakan jerami fermentasi, pembuatan pupuk dan vermikompos, vertikultur, Agro Expo, Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pemeriksaan gratis, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, introduksi TOGA di rumah warga, penerangan jalan, mapping denah, satu rumah satu Al-Quran, sensus potensi desa dan lain-lain.

Program pengabdian yang dijalankan melibatkan semua kalangan dari usia lansia hingga anak-anak. Kegiatan untuk anak-anak yang akan dilaksanakan seperti peer tutoring, kelas motivasi, belajar ceria, dokter kecil, OSOP (One Student One Plant) dan OSOD (One Student One DOC) harapannya dapat meningkatkan soft skills dan kepedulian anak-anak untuk membangun desanya.

Berbagai program yang telah disusun tersebut, harapannya dapat membentuk hubungan simbiosis mutualisme (saling menguntungkan) antara warga dan mahasiswa. Sehingga warga terbantu dengan pengetahuan baru yang dapat meningkatkan kesejahteraannya dan mahasiswa mendapat pemahaman cara hidup bermasyarakat, mengaplikasikan ilmu, dan cara mengabdi base on research sesuai tujuan dilakukannya KKN PPM oleh UGM. (CD | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved