Blora on News :
Home » , , » 2 Minggu Terjadi 4 Kebakaran, BPBD Blora Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

2 Minggu Terjadi 4 Kebakaran, BPBD Blora Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

infoblora.com on Jul 7, 2015 | 9:30 AM

Salah satu peristiwa kebakaran rumah di Kelurahan Kunduran Kecamatan Kunduran belum lama ini. Warga diimbau
untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran.
BLORA. Musim kemarau benar-benar menjadi momok menakutkan bagi warga Blora. Bagaimana tidak, selain bahaya krisis air bersih atau kekeringan. Kini warga di kabupaten ujung timur Jawa Tengah ini juga dihantui potensi kebakaran beberapa bulan terkhir ini.

Berdasarkan data yang ada, bahkan dalam kurun waktu 2 minggu telah terjadi 4 kali peristiwa kebakaran yang menimbulkan kerugian hingga ratusan juta rupiah. Pada 25 Juni lalu terjadi kebakaran 3 unit rumah di Kelurahan Kunduran, Kecamatan Kunduran. Kemudian 3 Juli kemarin disusul satu unit rumah ludes terbakar di Desa Temulus Kecamatan Randublatung.

Terbaru ada dua kejadian kebakaran yang beruntun dalam 2 hari, yakni kebakaran 4 kios di Pasar Ngawen pada Minggu (5/7) dan kebakaran 1 unit rumah di Desa Tengger Kecamatan Japah, Senin (6/7) kemarin. Dari beberapa kejadian kebakaran tersebut, penyebabnya kebanyakan adalah konsleting listrik dan perapian hewan ternak atau bediang.

Melihat tingginya potensi kebakaran saat musim kemarau di Kabupaten Blora, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tidak henti-hentinya memberikan imbauan waspada kebakaran kepada masyarakat luas. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blora, Sri Rahayu terus mengimbau agar warga tidak sembarangan meletakkan barang yang mudah menimbulkan api.

“Saya imbau masyarakat luas untuk ekstra hati-hati di musim kemarau ini. Jangan meletakkan barang yang mudah terbakar di sembarang tempat. Periksalah kondisi kabel instalasi listrik di rumah anda, jika kabel mulai tua dan rusak maka segera ganti. Untuk meminimalisir potensi konsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran,” jelas Sri Rahayu.

“Untuk warga tepi hutan juga diimbau lebih hati-hati mengingat saat musim kemarau banyak pepohonan di hutan yang mengering. Jangan membuang puntung rokok sembarangan saat melintas di hutan. Jika menjumpai keadaan kedaruratan bencana, baik kekeringan, kebakaran atau bencana alam lainnya bisa segera hubungi BPBD Kabupaten Blora dengan nomor telepon (0296) 532599,” tambah Sri Rahayu. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved