Blora on News :
Home » , » Tunggu DP4, Jumlah Pemilih Untuk Pilkada Blora 2015 Belum Diketahui

Tunggu DP4, Jumlah Pemilih Untuk Pilkada Blora 2015 Belum Diketahui

infoblora.com on Jun 18, 2015 | 1:00 AM

Ketua KPU Kabupaten Blora, Arifin.
BLORA. Berapa jumlah pemilih dalam Pilkada Blora 9 Desember 2015 belum diketahui. KPU masih menunggu turunnya Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) dari KPU Pusat.

DP4 itu akan menjadi dasar bagi KPU Blora untuk melakukan pemutakhiran data pemilih. Hasil pemutakhiran nantinya akan diproses lebih lanjut menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Selanjutnya KPU Blora akan mengumumkannya untuk menghimpun respon masyarakat. Jika telah akurat dan diterima oleh publik, DPS itu akan disusun menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dari penetapan DPT itulah akan diketahui jumlah pasti pemilih Pilkada di Blora. Ketua KPU Arifin mengemukakan, pemutakhiran data pemilih akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Pihaknya hingga kini masih menunggu turunnya DP4 yang disampaikan oleh KPU Pusat. ’’Sampai saat ini DP4 Pilkada Blora belum disampaikan kepada kami,’’ujarnya, kemarin.

Sekadar diketahui, DP4 untuk pilkada serentak 9 Desember di Indonesia telah disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Yuswandi A Temenggung kepada Ketua KPU Pusat, Husni Kamil Manik, Rabu (3/6). Jumlahnya sebanyak 102.068.130 jiwa untuk 308 kabupaten/kota yang menggelar pilkada tahun ini. DP4 itu bersumber dari data kependudukan yang telah dikonsolidasikan dan diverifikasi oleh Kemendagri dengan menggunakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Setelah diterima, KPU Pusat akan melakukan sinkronisasi DP4 Pilkada 2015 dengan DPTPemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 lalu. Kemudian akan diteruskan ke KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota hingga ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing daerah.

Menurut Arifin, pemutakhiran data pemilih akan dilakukan PPS bersama Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Bertambah atau berkurangnya jumlah pemilih dimungkinkan terjadi sesuai dengan kondisi nyata di lapangan. ’’Setelah kami terima DP4 dari KPU Pusat barulah kami akan mengolah dan mengelolanya untuk kemudian dilakukan pemutakhiran data pemilih,’’katanya.

Dia mengakui, telah ada data agregat kependudukan (DAK2) yang sudah diserahkan oleh Kemendagri kepada KPU Pusat, 17 April 2015. Berdasarkan DAK2 itu, jumlah penduduk Kabupaten Blora sebanyak 868.931 jiwa.

Namun DAK2 tersebut digunakan untuk menentukan jumlah dukungan bagi pasangan calon perseorangan. ’’DAK2 beda dengan DP4. DAK2 menyebut jumlah penduduk, sedangkan DP4 sebagai acuan penyusunan daftar pemilih,’’ungkapnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved