Blora on News :
Home » , » TNI Bantu Petani Desa Sembongin dan Desa Plosorejo Perbaiki Saluran Irigasi

TNI Bantu Petani Desa Sembongin dan Desa Plosorejo Perbaiki Saluran Irigasi

infoblora.com on Jun 6, 2015 | 4:30 AM

Anggota TNI Babinsa Koramil 03 Banjarejo membantu petani merawat saluran irigasi dan pengecekan alat penyedot air.
BLORA. Memasuki musim kemarau mulai banyak petani memerlukan air untuk mengairi sawahnya. Seperti para petani di Desa Sembongin dan Desa Plosorejo Kecamatan Banjarejo. Untuk memenuhi kebutuhan air disawahnya, mereka mengandalkan pasokan air irigasi dari Waduk Greneng. Namun karena banyak kerusakan saluran, perlu adanya perbaikan bersama.

Menyikapi hal tersebut, Danramil 03/Banjarejo Kapten Inf Sukemi bersama para Babinsa berinisiatif membantu para petani untuk melakukan perbaikan saluran irigasi dan perawatan mesim pompa air yang sering digunakan petani untuk mengairi sawah. Hal ini juga dalam rangka mendukung swasembada pangan nasional, di wilayah Kecamatan Banjarejo.

Diketahui bersama kondisi persawahan di kedua desa tersebut pada umumnya merupakan sawah tadah hujan. Sehingga saat musim kemarau seperti ini sangat membutuhkan pasokan air agar tanaman pertanian bisa berproduksi maksimal.

Selama ini sawah mendapatkan pasokan irigasi dari Waduk Greneng Kecamatan Tunjungan sampai Desa Sembongin Kecamatan Banjarejo, namun kondisi saat ini perlu adanya perhatian dan perbaikan, agar air bisa mengalir sesuai yang diharapkan para petani dan masyarakat.

Danramil 03 Banjarejo Kapten Sukemi melalui Babinsa Sembongin Serda Suroto, Babinkamtibmas Polsek  Banjarejo Aiptu Supyan dan Kades Sembongin Muntaha, bekerjasama Sekdes Plosorejo Muslih, anggota P3.a Ds Plosorejo serta masyarakat setempat, bersama-sama gotong royong melaksanakan penertiban mesin pompa air yang diduga kurang efisian dan menutup lubang-lubang saluran air yang tidak sesuai fungsinya.

Danramil 03 Banjarejo Kapten Inf Sukemi menyampaikan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya agar keberadaan irigasi bisa berfungsi sesuai yang diharapkan oleh para petani, diantaranya petani Desa Plosorejo dan khususnya Desa Sembongin.

“Dengan berfungsinya irigasi yang baik dan lancar, tentunya para petani akan makmur dan sejahtera, serta tercapai pula program swasembada pangan nasioanal,” pungkas Danramil Banjarejo. (Pendim | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved