Blora on News :
Home » , » Tingkatkan Persediaan Darah Jelang Ramadhan, PMI Blora Gencar Buka Posko Donor

Tingkatkan Persediaan Darah Jelang Ramadhan, PMI Blora Gencar Buka Posko Donor

infoblora.com on Jun 1, 2015 | 2:00 AM

Anggota komunitas Oi Blora mengikuti donor darah di Posko PMI Blora setelah acara CFD Alun-alun Blora, kemarin.
BLORA. Pemenuhan kebutuhan stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Blora jelang bulan Ramadhan terus diupayakan dengan maksimal melalui berbagai cara. Karena saat bulan Ramadhan, orang berpuasa dilarang untuk berdonor darah. Sehingga selama satu bulan tersebut jumlah pendonor darah bisa dipastikan menurun drastis.

Mengantisipasi hal tersebut, agar stok darah di UDD PMI Blora tetap stabil dan mencukupi permintaan selama Ramadhan nanti. PMI Blora melalui Unit Kerja Transfusi Darah (UKTD) gencar melakukan aksi donor darah dengan cara membuka posko di beberapa kegiatan yang diikuti masyarakat umum.

Seperti halnya saat digelar Pameran Kepurbakalaan dan Bazar Gemstone di GOR Mustika (28-31/5) kemarin. Siang hingga malam selama 4 hari, UKTD PMI Blora membuka posko donor darah di halaman depan GOR Mustika.

Kemudian saat Car Free Day (CFD) Minggu pagi kemarin (31/5), PMI Blora juga kembali membuka posko layanan donor darah di Alun-alun Blora. Bahkan pembukaan posko donor darah di acara CFD kemarin merupakan gelaran ke empat kalinya yang diikuti masyarakat umum setelah berolahraga pagi.

Khusus Minggu (31/5) kemarin, pelaksanaan donor darah di kawasan CFD Alun-alun Blora lebih ramai karena ada Orang Indonesia (Oi) komunitas penggemar Iwan Fals Blora yang ikut melakukan donor darah. Belasan anggota Oi ikut melakukan donor darah hingga sekitar pukul 10.00 wib.

Ketua PMI Blora Hj. Umi Kulsum melalui wakilnya Jarot Sugiharta, mengemukakan bahwa pelaksanaan donor darah di setiap kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak merupakan upaya peningkatan kesadaran gerakan ayo berdonor dan sekaligus menjaga stabilitas stok darah di PMI Blora.

“Kita terus aktif menggelar gerakan donor darah di berbagai kesempatan. Selain untuk mensosialisasikan kesehatan berdonor dan gerakan yang muda yang berdonor. Hal ini juga untuk mencukupi kebutuhan stok darah di UDD menjelang datangnya bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba,” jelasnya.

Di hari-hari biasa pun masyarakat bisa melakukan donor darah, tidak harus di posko PMI Blora. Namun bisa langsung datang ke Kantor UDD PMI Blora yang berada di Jl.Dr.Soetomo sebelah barat Rumah Sakit Umum dr.R.Soetijono Blora saat jam kerja. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved