Blora on News :
Home » , , » Sumur Minyak Tua Perlu Diselamatkan Demi Kesejahteraan Masyarakat Blora

Sumur Minyak Tua Perlu Diselamatkan Demi Kesejahteraan Masyarakat Blora

infoblora.com on Jun 24, 2015 | 12:30 AM

Salah satu sumur minyak tua yang ada di Desa Ledok Kecamatan Sambong.
BLORA. Forum Peduli Blora Sejahtera (Forpbes) mengeluarkan petisi penyelamatan sumur minyak tua untuk kesejahteraan rakyat Blora. Petisi berisi tujuh tuntutan tersebut sebagai respon atas kebijakan Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) yang menolak permohonan izin pengelolaan 282 sumur minyak tua yang diajukan BUMD PTBlora Patra Energi (BPE).

Penolakan itu tertuang dalam surat yang ditandatangani Pj President Director Pertamina EPRony Gunawan yang ditujukan kepada direktur PT BPE. Surat tersebut tertanggal 18 Mei 2015 bernomor 491/EP0000/2015-S1 perihal Rencana Pengelolaan Sumur Ex- Koperasi Karyawan Pertamina Patra Karya (Kokaptraya) Pertamina EPCepu. ”Kami menolak keputusan Pertamina EP tersebut,” ujar Koordinator Roy Kurniadi, kemarin.

Penolakan keputusan Pertamina EP itu menjadi poin pertama dari tujuh tuntutan dalam petisi penyelamatan sumur minyak tua. Adapun poin lainnya adalah segera dibentuk tim verifikasi dan validasi data sumur minyak tua peninggalan Belanda (Dibor sebelum tahun 1970) dengan sumur-sumur yang diusahakan Pertamina (sumur existing).

”Inventarisasi itu penting sebagai aset daerah penghasil untuk percepatan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Blora dalam kerangka pelaksanaan pembangunan di era otonomi daerah,” tandas Roy Kurniadi. 

Sedangkan poin ketiga dari petisi Forpbes adalah mendorong reformasi manajamen pengelolaan migas agar lebih transparan, profesional dan akuntabel. Selain itu juga mendorong reformasi penempatan direksi BUMD secara terbuka, mendorong pengawasan dan pendampingan usaha pengelolaan migas dalam setiap tahapannya, mendorong penyusunan perda migas dan konten lokal serta poin terakhir petisi adalah menciptakan suasana kondusif dan nyaman bagi iklim investasi dengan berbasis kearifan lokal. ”Kami juga sudah menyampaikan permohonan audiensi ke DPRD,” kata Roy Kurniadi.

Dia menegaskan bahwa sumur minyak eks Kokaptraya itu adalah masuk kategori sumur tua. Berdasarkan Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) nomor 01 Tahun 2008 Tentang Pedoman Pengusahaan Pertambangan Minyak dan Bumi Pada Sumur Tua, pihak yang berhak mengelola sumur tersebut adalah BUMD atau KUD.

Usai dikelola Kokaptraya Pertamina EP Cepu, sejak 2012 sumur-sumur yang terletak di kawasan Ledok Kecamatan Sambong dan Semanggi Kecamatan Jepon itu dikerjasamakan pengelolaannya antara PT Pertamina EP Cepu dengan LPPM UPN Veteran Yogyakarta. Izin pengelolaan itu akan berakhir pada akhir Juni 2015. Sumursumur yang menghasilkan minyak mentah ratusan barrel perhari tersebut selanjutnya oleh Pertamina akan dikelola bersama paguyuban penambang.

Pj President Director Pertamina EP Rony Gunawan dalam surat penolakan permohonan izin BUMD PT BPE menyatakan bahwa ada dua poin alasan permohonan tidak dapat diproses lebih lanjut. Menurutnya, dengan memperhatikan kecenderungan harga minyak dunia yang tidak menentu dan tingkat produksi minyak dan gas yang diproduksi, Pertamina EP, kata Rony Gunawan, saat ini harus mengubah strategi pengelolaan wilayah kerja yang dipercayakan oleh pemerintah.

Yakni dengan mengupayakan pengoperasian seluruh lapangan migas oleh PT Pertamina EP sendiri untuk dapat berkontribusi secara optimal kepada negara. Dikemukakan pula bahwa saat ini Pertamina EP tengah menyusun pola kerja sama untuk mengoptimalkan produksi migas dengan tetap membawa manfaat langsung kepada masyarakat penambang tradisional.

Adapun Legal and Relations Pertamina Eksplorasi dan Produksi Asset 4 Cepu, Sigit Dwi Aryono mengemukakan, sumur-sumur eks Kokaptraya yang antara lain berada di lapangan Ledok dan Semanggi tidak termasuk dalam kategori definisi sumur tua sebagaimana diatur dalam Permen ESDM nomor 1 tahun 2008. ”Lapangan tersebut masih diusahakan, sehingga tidak termasuk dalam definisi sumur tua,” ujarnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)


Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved