Blora on News :
Home » , » Sepi Pendaftar, Dipastikan Pilkada Blora 2015 Tidak Diikuti Calon Independen

Sepi Pendaftar, Dipastikan Pilkada Blora 2015 Tidak Diikuti Calon Independen

infoblora.com on Jun 16, 2015 | 5:00 AM

M Hamdun (kanan) Divisi Hukum, Kampanye dan Pencalonan KPU Kabupaten Blora, memastikan bahwa pilkada nanti tidak akan diikuti oleh calon independen karena tidak ada yang mendaftar.
BLORA. Pilkada Blora 2015 pada 9 Desember mendatang dipastikan tidak diikuti pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan atau independen. Sebab, hingga hari terakhir penyerahan syarat dukungan pasangan calon perseorangan di KPU Blora, kemarin, tak ada satupun calon yang mendaftar. Sebelumnya, KPU Blora memberikan waktu penyerahan syarat dukungan pasangan calon perseorang mulai Kamis (11/6) dan ditutup Senin (15/6) pukul 16.00 WIB.

’Tidak ada satupun yang menyerahkan syarat dukungan calon perseorangan. Dengan begitu berarti Pilkada Blora tidak diikuti pasangan calon dari jalur perseorangan,’’ ujar Divisi Hukum, Kampanye dan Pencalonan KPU Blora M Khamdun, kemarin.

Dia mengungkapkan, sebelum dibukanya masa penyerahan syarat dukungan, pernah ada salah seorang warga yang menanyakan persyaratan tersebut. Pihaknya juga telah memberikan penjelasan.

Di antaranya untuk bisa mendaftarkan diri sebagai calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Blora melalui jalur perseorangan, pasangan calon minimal harus didukung oleh sebanyak 65.170 orang. Dukungan itupun harus tersebar di lebih dari delapan kecamatan di Blora.

Penduduk yang berhak memberikan dukungan adalah penduduk yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih.Dukungan itu dalam bentuk surat pernyataan disertai fotocopy identitas kependudukan yang masih berlaku. Bisa KTP atau kartu keluarga berlaku untuk satu pendukung ataupun paspor dan identitas lainnya.

’’Namun hingga detik terakhir penyerahan syarat dukungan, tidak ada satupun warga ataupun pasangan calon perseorangan yang menyerahkan persyaratan tersebut,’’ ujarnya.

Menurut Khamdum, setelah tidak adanya penyerahan syarat dukungan pasangan calon perseorangan, pihaknya kini akan beranjak pada tahapan berikutnya yang terkait dengan pencalonan. ’’Salah satunya menyiapkan proses tahapan pendaftaran pasangan calon yang diusung gabungan partai politik (parpol),’’tandasnya.

Dia mengakui, masa pendaftaran pasangan calon dari gabungan parpol itu masih cukup lama, bulan depan yakni mulai 26 Juli. Namun dia, menegaskan persiapannya sudah harus dilakukan. Apalagi menurutnya, di Pilkada kali ini KPU juga dibebani menyiapkan atribut ataupun alat peraga kampanye pasangan calon yang ditetapkan kelak. 

’’Selesai tahapan satu, segera beralih ke tahapan berikutnya. Semua tahapan itu perlu persiapan matang. Misalnya untuk kampanye, harus ditetapkan dulu lokasi kampanye seperti yang terkait dengan lokasi pemasangan alat peraga kampanye di desa-desa,’’ ujarnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved