Blora on News :
Home » , » Pilkada 2015, Nyalon Bupati Jalur Perseorangan Harus Didukung Minimal 65.170 Orang

Pilkada 2015, Nyalon Bupati Jalur Perseorangan Harus Didukung Minimal 65.170 Orang

infoblora.com on Jun 6, 2015 | 4:30 AM

Calon perseorangan yang akan maju ke Pilkada Blora 2015 diharuskan mendapat dukungan warga minimal 65.170 orang.
BLORA. Untuk bisa mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Blora 2015 melalui jalur perseorangan, pasangan bakal calon minimal harus didukung oleh sebanyak 65.170 orang. Dukungan itupun harus tersebar di lebih dari delapan kecamatan di Blora. Penduduk yang berhak memberikan dukungan adalah penduduk yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih.

Divisi Hukum Kampanye dan Pencalonan KPU Blora M Khamdun mengemukakan, penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorang Pilkada Blora akan dimulai pekan depan, Kamis (11/6) hingga Senin (15/6). Pihaknya juga telah menetapkan persyaratan pendaftaran bagi pasangan calon jalur perseorangan tersebut.

“Kami juga sudah sosialisasikan sekaligus mengumumkan tahapan pelaksanaan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan,” ujarnya, Jumat (5/6) kemarin.

Berdasarkan pengumuman bernomor 83/KPU-Kab-012329367/2015 disebutkan bahwa, dalam penyerahan dokumen dukungan, pasangan calon perseorangan wajib menyerahkan dokumen dukungan dalam bentuk soft copy dan dan hard copy. Dokumen dukungan dalam bentuk hard copy wajib diserahkan sejumlah tiga rangkap kepada KPU Blora.

Sesuai data agregat kependudukan (DAK2) yang telah diserahkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada KPU, 17 April 2015, jumlah penduduk Kabupaten Blora sebanyak 868.931 jiwa. Untuk bisa mendaftar sebagai pasangan calon jalur perseorangan, bakal calon tersebut minimal didukung oleh 7,5 % dari jumlah penduduk Blora atau sekitar 65.169,83 jiwa. KPU Blora membulatkannya menjadi 65.170 jiwa.

“Jumlah dukungan bagi pasangan calon perseorangan itu harus tersebar di lebih dari 50 % kecamatan di Blora atau minimal di sembilan kecamatan,” tandas Khamdun.

Khamdun yang juga anggota Tim Transparansi Migas Blora menjelaskan, dukungan seseorang terhadap pasangan bakal calon perseorangan dinyatakan dalam bentuk surat pernyataan dukungan. Surat pernyataan itu disertai dengan fotocopi identitas kependudukan yang masih berlaku. “Bisa KTP, Kartu Keluarga berlaku untuk satu pendukung ataupun paspor dan identitas lainnya,” katanya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved