Blora on News :
Home » , » Lagi, Petugas Gabungan Gagalkan Pencurian 7 Gelondong Kayu Jati Kualitas Ekspor

Lagi, Petugas Gabungan Gagalkan Pencurian 7 Gelondong Kayu Jati Kualitas Ekspor

infoblora.com on Jun 8, 2015 | 12:30 AM

Petugas gabungan kembali berhasil mengamankan 7 batang kayu jati berbentuk balok hasil pencurian dari hutan BKPH Nglebur Kecamatan Jiken.
BLORA. Lagi-lagi petugas gabungan dari Perhutani Cepu dan kepolisian setempat, Minggu (7/11) kemarin, sekitar pukul 11.00 berhasil menangkap seorang tersangka, dan mengamankan 7 gelondong kayu jati kualitas ekspor.

Satu tersangka yang berhasil melarikan diri saat penggerebekan saat ini dinyatakan buron. Tersangka yang berhasil ditangkap adalah Salam (46), warga Desa Nglebur, Kecamatan Jiken. Laki-laki ini kesehariannya bekerja sebagai penambang minyak mentah di salah satu sumur tua di desanya itu, tidak bisa mengelak lagi.

Dia tertangkap basah petugas operasi gabungan dari Perhutani Cepu dan Polres Blora. Waktu itu dia sedang menata kayu jati gelondong ukuran 270 cm dengan garis tengah 25 cm. Kayu ini diperkirakan baru saja di potong dari dalam hutan dan akan dinaikkan di atas sepeda motornya.

Dalam pemeriksaan petugas Pabin KPH Cepu, Ipda Budi Yuwono di lokasi pencurian, Salam mengaku kayu jati yang dicuri tersebut akan diantar ke salah satu tempat pemesan yang berada di wilayah Kecamatan Sambong dengan harga yang sudah disepakati.

Berawal dari pengakuan Salam itu, Ipda Budi Yuwono segera menghubungi Koordinator Keamanan KPH Cepu, Agus Kusnandar, yang sedang patroli keliling di kawasan hutan BKPH Ledok, untuk segera cek ke lokasi seperti yang disebutkan Salam.

Ternyata benar, sesampainya di lokasi, ketika rombongan patroli gabungan dari KPH Cepu bersama Polsek Sambong menyisir hingga di Dukuh Trisinan, Kecamatan Sambong, berhasil menemukan 7 glondong kayu yang sudah berbentuk kotak. Masing-masing berukuran 320 cm x 40 cm x 40 cm.

Menurut Koordinator Keamanan yang Waka ADM KPH Cepu, Agus Kusnandar, mengemukakan, kayu jati yang ditemukan itu diperkirakan dicuri dari kawasan hutan BKPH Nglebur.

Perkiraaan itu diperkuat setelah melihat ciri-ciri kayu jati, juga temuan jejak bekas roda sepeda motor yang melintas dari dalam hutan kawasan BKPH Nglebur menuju Kecamatan Sambong. ’’Kayu yang dicuri semua kwalitas ekspor dan harganya sangat mahal,’’tandas Agus Kusnandar.

Hingga kemarin tersangka Salam yang warga Desa Nglebur masih diamankan di Polsek Jiken untuk menjalani pemeriksaan secara intensif, sementara itu pemilik 7 batang kayu jati yang ditemukan di belakang rumah warga Dukuh Trisinan, dinyatakan buron.


Terpisah Kapolsek Sambong, AKP Joko Supriyono dan Kapolsek Jiken, AKP Suhardi ketika dikonfirmasi membenarkan kabar penangkapan seorang tersangka pencuri kayu jati itu,berikut penyitaan 7 batang kayu jati kualitas ekspor. Keduanya menyatakan akan siap membantu setiap kegiatan Perhutani KPH Cepu dalam mengamankan aset negara. (ud-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved