Blora on News :
Home » , , » Kemarau Datang, 128 Desa Mulai Ajukan Bantuan Air Bersih ke BPBD Blora

Kemarau Datang, 128 Desa Mulai Ajukan Bantuan Air Bersih ke BPBD Blora

infoblora.com on Jun 19, 2015 | 7:33 AM

Ada 128 desa yang telah mengajukan usulan bantuan air bersih menghadapi musim kemarau yang mulai datang.
BLORA. Musim kemarau mulai berdampak pada sulitnya warga mendapatkan air bersih. Mereka pun meminta bantuan kepada Pemkab Blora untuk mengirimkan air bersih ke desa. Hingga saat ini tercatat sebanyak 128 desa telah mengajukan bantuan tersebut.

Tahun lalu penanganan bencana kekeringan termasuk pengiriman bantuan air bersih ditangani Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Blora. Namun setelah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berdiri awal tahun ini, tugas itupun ditangani BPBD. 

“Datanya masih kami rekap, namun untuk sementara ini sudah masuk 128 desa di 12 kecamatan yang mengajukan bantuan,” ujar Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Blora Sri Rahayu, kemarin.

Jumlah tersebut baru sementara. Jumlah itu dipastikan akan bertambah apalagi musim kemarau baru berlangsung beberapa pekan. Sri Rahayu menyebutkan, berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim kemarau tahun ini akan berlangsung lama, hingga Januari. Oleh karena itu menurutnya bantuan air bersih ke desa-desa harus direncanakan dengan baik. 

“Supaya tepat sasaran karena musim kemarau tahun ini diperkirakan berlangsung lama,” tandasnya.

Dia mengemukakan, pengiriman bantuan air bersih akan dimulai di bulan puasa Ramadan ini. Selain dari dana yang dianggarkan dalam APBD Blora, bantuan air bersih setiap tahun biasanya berasal pula dari Pemprov Jateng melalui Bakorlin I Pati, bantuan organisasi, perusahaan swasta dan kelompok masyarakat.

Berdasarkan data yang dihimpun, sebanyak 185 desa dan 12 kelurahan di Blora masuk kategori rawan kekeringan. Salah satu indikasinya, warga di desa dan kelurahan itu sulit mendapatkan air bersih seiring datangnya musim kemarau. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved