Blora on News :
Home » , » Inventarisasi Sumur Minyak Tua di Kabupaten Blora Mendesak Dilakukan

Inventarisasi Sumur Minyak Tua di Kabupaten Blora Mendesak Dilakukan

infoblora.com on Jun 5, 2015 | 1:00 AM

Salah satu sumur minyak tus di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kab.Blora yang saat ini sedang dipolemikkan
tentang pengelolaannya.
BLORA. Polemik rencana pengelolaan sumur minyak tua eks Koperasi Karyawan Pertamina Patra Karya (Kokaptraya) Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Cepu oleh paguyuban penambang terus bergulir. Aliansi LSM di Blora yang tergabung dalam Forum Peduli Blora Sejahtera (Forbes) meminta dilakukan inventarisasi sumur-sumur tua yang pernah dikelola Kokaptraya yang berada di wilayah Ledok Kecamatan Sambong dan Semanggi Kecamatan Jepon.

Itu dilakukan untuk menjamin sumur-sumur peninggalan Belanda tersebut pengelolaannya kelak bisa dilakukan oleh BUMD maupun KUD sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) nomor 01 Tahun 2008 tentang Pedoman Pengusahaan Pertambangan Minyak dan Bumi Pada Sumur Tua. 

’’Kami mempertanyakan kenapa sumur-sumur eks Kokaptraya itu dikatakan oleh humas Pertamina Cepu bukan masuk kategori sumur tua,’’ ujar Koordinator Forbes Roy Kurniadi, kemarin.

Sebagaimana diberitakan (SM, Kamis (4/6), Humas (Legal and Relations, Red) Pertamina Eksplorasi dan Produksi Asset 4 Cepu, Sigit Dwi Aryono menyatakan, wacana pengelolaan sumur minyak tua melalui perjanjian swakelola dengan kelompok masyarakat (paguyuban) didasarkan pada Pedoman Tata Kerja (PTK) 007 Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Dia menyebut, sumur-sumur di areal tersebut (eks Kokaptraya, Red) tidak termasuk dalam kategori sumur tua sebagaimana diatur Permen nomor 1 tahun 2008. ’’Kami akan klarifikasi ke Pertamina Cepu untuk mempertanyakan hal itu. Kami siapkan data-data bahwa sesungguhnya di Ledok dan Semanggi terdapat sumur-sumur yang masuk kategori sumur tua seperti yang didefinisikan dalam Permen ESDM nomor 1 tahun 2008,’’ kata Roy Kurniadi.

Pada pasal 1 angka 2 Peraturan Menteri ESDM 01 Tahun 2008 dinyatakan bahwa sumur minyak dapat dikatakan sumur tua jika memenuhi unsur-unsur; dibor sebelum tahun 1970, pernah diproduksikan, terletak di wilayah kerja yang terikat kontrak kerja sama serta tidak diusahakan lagi oleh kontraktor. Yang dapat mengusahakan dan memproduksi minyak bumi dari sumur tua jika kontraktor sudah tidak mengusahakannya lagi adalah badan usaha yang berbentuk KUD atau BUMD.

Roy Kurniadi yang didampingi aktivis Forbes Rohmad Safari menyatakan, dalam wilayah kerja pertambangan (WKP) di Ledok dan Semanggi terdapat sejumlah sumur yang masuk kategori sumur tua. Pihaknya menuntut dilakukan inventarisasi sumur-sumur tua di lokasi tersebut. ’’Pengelolaan sumur tua adalah hak BUMD dan KUD,’’ tegasnya. 

Izin pengelolaan 282 sumur minyak tua eks Kokaptraya akan berakhir Juni 2015. Sumur-sumur tersebut selama ini pengelolaannya dikerjasamakan oleh Pertamina dengan LPPM UPN Veteran Yogyakarta sejak 2012.

Sejak tahun 2012, BUMD PT Blora Patra Energi (BPE) mengajukan izin pengelolaan sumur tersebut. Namun hingga kini izin belum disetujui oleh pemerintah pusat, bahkan pengajuan izinnya telah ditolak oleh Pertamina.

Kini, ratusan sumur yang berada di area Ledok dan Semanggi tersebut dikabarkan akan dikelola oleh paguyuban penambang setelah berakhirnya kontrak pengelolaan LPPM UPN Veteran Yogyakarta, akhir Juni 2015. Dihubungi terpisah, Legal and Relations Pertamina Eksplorasi dan Produksi Asset 4 Cepu, Sigit Dwi Aryono, sekali lagi menegaskan bahwa sumur-sumur eks Kokaptraya itu bukan masuk kategori sumur tua.

’’Menurut kami, sumur-sumur tersebut tidak termasuk dalam kategori definisi sumur tua sebagaimana diatur dalam Permen ESDM nomor 1 tahun 2008. Lapangan Ledok dan Semanggi masuk dalam lapangan yang masih diusahakan, sehingga tidak termasuk dalam definisi sumur tua,’’ tegasnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved