Blora on News :
Home » , » Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau Untuk Peningkatan Ketrampilan Masyarakat

Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau Untuk Peningkatan Ketrampilan Masyarakat

infoblora.com on Jun 9, 2015 | 12:30 AM

Pelatihan pembuatan industri barang dari semen di Desa Mojorembun Kecamatan Kradenan.
BLORA. Tidak hanya untuk bidang kesehatan, pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCT) digunakan pula untuk peningkatan keterampilan masyarakat. Salah satunya dengan menggelar pelatihan keterampilan agar masyarakat bisa mandiri. Seperti yang dilakukan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Dinperindagko UMKM) Blora.

Dinas yang dipimpin Masykur tersebut menggelar pelatihan pembuatan industri barang dari semen di Desa Mojorembun, Kecamatan Kradenan, belum lama ini. Pelatihan yang anggarannya dari DBHCT2015 diselenggarakan selama empat hari.

Pelatihan dilaksanakan di rumah warga setempat itu diikuti sebanyak 15 orang yang tergabung dalam wadah Karang Taruna ’’Lamoja’’ Desa Mojorembun. 

Maksud dari pelatihan itu adalah untuk memotivasi peserta pelatihan berwiraswasta dengan membuat produk barang dari semen seperti paving dan batako yang sekarang banyak diminati pasar. Selain itu memberi bekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan utamanya dalam hal proses produksi dan membuka lapangan usaha atau pekerjaan di desa.

’’Pelatihan pembuatan paving di Desa Mojorembun, kami nilai sangat tepat sasaran, melihat bahan baku berupa pasir mudah didapatkan di daerah tersebut dari aliran Sungai Bengawan Solo dan pesertanya memiliki semangat untuk maju,’’ujarnya.

Kepala Bidang Perindustrian, Mas’amah, dalam sambutannya mewakili kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Blora. Dia juga berpesan agar peralatan yang diberikan Pemkab Blora melalui Dinperindagkop berupa satu set mixer semen dengan penggerak mesin diesel serta satu set cetak paving getar dengan penggerak mesin diesel dan peralatan lainnya dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik. 

’Setelah pelatihan ini, peserta yang sudah dibekali ketrampilan dalam pembuatan paving agar selalu berlatih untuk menghasilkan produk paving yang berkualitas agar dapat dipasarkan dan bisa bersaing dengan kompetitor lain,’’ tandasnya.

Kepala Desa Mojorembun, M Syaifudin Zuhri menyatakan berterima kasih karena desanya dipilih sebagai lokasi pelatihan. Dia berharap Karang Taruna ’’Lamoja’’ bisa selalu berdikari, bisa berwirausaha, selalu kompak dan bisa membangun Desa Mojorembun.


’’Kami berharap melalui pelatihan ini masyarakat bisa mandiri dan keterampilan yang digeluti bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,’’ tandasnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved