Blora on News :
Home » , » Camat, Kapolsek dan Danramil Kota Blusukan ke Pasar Cek Sembako Jelang Ramadhan

Camat, Kapolsek dan Danramil Kota Blusukan ke Pasar Cek Sembako Jelang Ramadhan

infoblora.com on Jun 10, 2015 | 12:00 AM

Camat, Kapolsek dan Danramil Blora Kota Blusukan ke pasar untuk mengecek sembako jelang ramadhan.
BLORA. Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Blora yakni Camat Blora Kunto Aji, Kapolsek Blora AKP. Sudarno dan Danramil Blora Kapten Inf. Supartono, Selasa (9/6) kemarin meninjau pasar Blora untuk mengantisipasi peredaran bahan kebutuhan pokok atau sembako yang kadaluarsa dan mengandung bahan kimia berbahaya menjelang bulan Ramadhan. Meskipun sifatnya hanya imbauan. Tujuannya agar pedagang paham dan selektif menjual barang dagangan mereka.

“Kami imbau para pedagang untuk berjualan bahan makanan yang layak konsumsi. Jangan sampai melakukan kecurangan karena sangat merugikan pembeli,” kata Camat Blora Kunto Aji.

Dirinya imbau agar pedagang waspada barang dagangannya yang dipasok dari luar, khususnya beras yang dikhawatirkan sebagai produk sintetik dan mengandung unsur plastik. Sementara ini pihaknya hanya bisa melakukan pembinaan namun jika ada unsur kesengajaan maka akan ditindak secara hukum. “Pedagang harus tahu dampaknya, makanya kita imbau,” imbuhnya.

Ia menambahkan, peninjauan bahan pokok jelang Ramadhan pihaknya akan kembali turun ke pasar guna memantau kualitas produk yang dijual. Sejauh ini dari pantauannya belum ada beras sintetis atau produk makanan lainnya yang berbahaya beredar di kecamatan Blora. Namun demikian dirinya mengimbau agar pedagang terus waspada utamanya jika ada tengkulak yang menawari barang dengan harga murah jauh dibawah harga pasar.

Kapolsek Blora AKP. Sudarno mengatakan sejak munculnya kasus beras sintetis pihaknya terus melakukan pengawasan ke pemasok hingga pengecer. “Sejak munculnya kasus beras sintetis, kami terus melakukan pengawasan ke seluruh pedagang beras. Intel kami tugaskan terus memantau mulai pemasok hingga pengecer,” katanya.

Ia menambahkan, sejak ada informasi ditemukannya merica berbahan semen di kecamatan Banjarejo, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan antisipasi jangan sampai hal itu juga terjadi di wilayah kerjanya.

“Bagus ada imbauan seperti ini, setidaknya kami bisa waspada beredarnya bahan-bahan makanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya,” ujar Anwaroh (48) salah satu pedagang bumbu-bumbu masakan yang kami temui.

Jawaban senada disampaikan Heni Fauziah (54) pedagang daging yang mengaku senang jika sidak seperti ini sering dilakukan agar pembeli yakin bahwa daging yang mereka jual layak dikonsumsi. Ditanya harga daging menjelang Ramadhan, ia mengatakan sejauh ini harga daging masih normal seperti hari biasanya belum ada kenaikan harga. (DPPKKI |Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved