Blora on News :
Home » , » Arus Mudik 2015, Waspadai 17 Perlintasan KA Tanpa Palang Pintu di Blora Selatan

Arus Mudik 2015, Waspadai 17 Perlintasan KA Tanpa Palang Pintu di Blora Selatan

infoblora.com on Jun 29, 2015 | 11:00 AM

Salah satu perlintasan kereta api (KA) tanpa palang pintu yang rawan terjadi kecelakaan jika tidak hati-hati saat melintas.
BLORA. Mendekati tingginya arus lalu-lintas jelang mudik dan balik Lebaran 2015, Polres Blora melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) terus mengecek kesiapan lalu lintas darat baik jalan raya maupun jalur kereta di Kabupaten Blora.

Berdasarkan hasil pendataan ada 25 perlintasan Kereta Api (KA) di wilayah Kabupaten Blora khususnya Blora Selatan, dimana 17 diantaranya tidak berpalang pintu. Diketahui bersama sejak beroperasinya jalur double track setahun lalu, kini jalur KA yang melintas di Kecamatan Jati, Randublatung, Kedungtuban dan Cepu kerap dilalui kereta cepat Jakarta-Surabaya.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Blora AKBP Dwi Indra Maulana melalui Kasatlantas AKP Eko Pujiono mengimbau agar warga yang tinggal di dekat perlintasan rel KA tanpa palang pintu untuk berhati-hati.

“Perlintasan KA tanpa palang pintu memang sangat rawan. Sewaktu-waktu bisa terjadi kecelakaan jika kita tidak berhati-hati saat melintas, maka dari itu kami imbau warga untuk hati-hati mengingat akan banyak kereta penumpang melintas di musim mudik dan balik lebaran nanti,” jelasnya.

Berdasarkan data yang ada sudah beberapa kali terjadi kecelakaan akibat teledornya pengguna jalan karena tidak berhati-hati saat melintasi persimpangan jalur KA. Pihak Polres Blora pun meminta seluruh jajaran Polsek yang dilintasi rel KA untuk berkoordinasi melakukan pengamanan perlintasan tanpa palang pintu, yakni Polsek Jati, Polsek Randublatung, Polsek Kedungtuban dan Polsek Cepu.

“Kami kerahkan anggota yang ada jajaran Polsek untuk turut serta mengamankan perlintasan KA, terutama yang tidak dilengkapi palang pintu bekerjasama dengan pihak desa/kelurahan yang bersangkutan,” tambahnya.

Kapolres Blora menegaskan  akan melakukan koordinasi dengan manajemen PT.Kereta Api Indonesia (PT KAI), dan  Pemkab guna  membicarakan solusi terbaik, sehingga bisa mencegah terjadinya kecelakaan di jalur KA menjelang Lebaran. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved