Blora on News :
Home » , » APBD Hanya Mampu Sediakan 750 Truk Tangki, Blora Butuh Bantuan Air Bersih

APBD Hanya Mampu Sediakan 750 Truk Tangki, Blora Butuh Bantuan Air Bersih

infoblora.com on Jun 30, 2015 | 9:00 AM

Bantuan air bersih dari Bakorwil I Jateng selalu hadir untuk membantu krisis air di Kabupaten Blora. (dok-infoblora)
BLORA. Permintaan bantuan air bersih oleh pemerintah desa di musim kemarau akan dipenuhi secara selektif. Pasalnya, jumlah dana yang dianggarkan dalam APBD Blora untuk bantuan tersebut sangat terbatas.

“Dana yang dianggarkan diperkirakan hanya cukup untuk pengadaan sebanyak 750 tangki air bersih (@5.000 liter),” ujar Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora Sri Rahayu.

Jumlah tersebut dipastikan tidak akan cukup untuk memenuhi permintaan bantuan air bersih. Hingga saat ini saja dari 295 desa/kelurahan di Blora, 164 di antaranya mengajukan bantuan air bersih. Dalam satu desa terkadang ada beberapa dusun yang warganya kesulitan mendapat air bersih. Mereka pun mengharapkan Pemkab memberikan bantuan air bersih di dusunnya.

Jika dikalkulasi, kebutuhan air bersih untuk bantuan ke desa-desa mencapai ribuan tangki. “Karena itulah kami mengharapkan uluran tanggan dari sejumlah pihak, baik Pemprov Jateng melalui Bakorwil I Jateng (Pati), serta perusahaan swasta maupun organisasi masyarakat. Kami juga berencana mengajukan tambahan dana dalam APBD Perubahan 2015,” tandasnya.

Yayuk, sapaan akrab Sri Rahayu mengungkapkan, pendistribusian bantuan air bersih ke desa-desa direncanakan dimulai 1 Juli. Dua truk tangki BPBD dikerahkan untuk mengangkut bantuan air bersih tersebut. Untuk mempersiapkan hal itu, hari ini Selasa (30/6) dilakukan rapat koordinasi penyaluran bantuan air bersih di BPBD Blora. 

Sementara itu berdasarkan informasi yang masuk, pihak Bakorwil I Jateng untuk mengatasi musim kemarau dan krisis air bersih, pihaknya telah menyediakan 1512 tangki air bersih dimana per tangki mempunyai kapasitas 5000 liter.

Bagi kabupaten/kota yang berada di wilayah Bakorwil I jateng dipersilahkan mengajukan bantuan air bersih agar nanti bisa segera disalurkan ke daerah sesuai permintaan, kata Kepala Bakorwil I Jateng, Suko Mardiono SH, MM. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved