Blora on News :
Home » , » Antisipasi Kebakaran Hutan, Dinhut dan Perhutani KPH Blora Bentuk Masyarakat Peduli Api

Antisipasi Kebakaran Hutan, Dinhut dan Perhutani KPH Blora Bentuk Masyarakat Peduli Api

infoblora.com on Jun 4, 2015 | 1:00 AM

Antisipasi kebakaran hutan, Dinas Kehutanan dan Perhutani KPH Blora bentuk masyarakat peduli api.
BLORA. Untuk mengantisipasi kebakaran hutan, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora bersama dengan Dinas Kehutanan Jateng membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Masyarakat Mitra Polisi Hutan (MMP).

KKPH/Administratur KPH Blora, Joko Sunarto melalui Waka Adm Pandoyo mengatakan, pembentukan MMP dan MPAmerupakan usaha untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan sejak dini. Sekaligus membatasi adanya kerusakan hutan.

“Kebakaran hutan harus dicegah, dan itu membutuhkan kerja sama semua elemen masyarakat khususnya di kawasan sekitar hutan,” kata Pandoyo saat membentuk MPAdan MMP di Balai Desa Japah, Kecamatan Japah, kemarin.

Selain Perhutani, juga dihadiri oleh Satpol PP kecamatan Japah, Koramil, Polsek, perwakilan masyarakat desa hutan (LMDH) dan juga dari Dinas Kehutanan Blora.

Menurutnya, masyarakat sekitar kawasan hutan merupakan ujung tombak. Sementara personel yang menjaga hutan sangat terbatas, dalam hal ini personel pengamanan dari Perhutani ataupun dari pemerintah. Maka tim pengamanan hutan swakarsa akan membantu Perhutani.

Dia menegaskan, terbentuknya MPAdan MMP, berperan dalam menjaga kawasan hutan dan hasil dari segala macam bentuk gangguan. Selain itu, untuk menjaga hak- hak negara, masyarakat, perorangan atas hutan, kawasan hutan, hasil hutan, investasi serta perangkat yang berhubungan dengan pengelolaan hutan.

Adapun Humas KPH Blora, Teguh menambahkan, kebakaran hutan pada saat musim kemarau memang rawan. Biasanya penyebabnya karena ada orang yang membuang putung rokok di hutan atapun menyalakan api. Bukan hanya sebatas itu, kegiatan pembentukan kelompok pengamanan hutan swakarsa tersebut juga untuk membentuk suatu kumpulan atau kelompok penjaga pelestari hutan berdasarkan keinginan masyarakat.

“Jika masyarakat tahu ada kebakaran di hutan atau gangguan hutan, bisa langsung memberikan informasi dengan cepat dan akurat,” ujarnya.(gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved