Blora on News :
Home » , » Akhirnya Anggota DPRD Blora Terima Rapelan Gaji Selama Enam Bulan

Akhirnya Anggota DPRD Blora Terima Rapelan Gaji Selama Enam Bulan

infoblora.com on Jun 30, 2015 | 4:00 AM

45 anggota DPRD Kabupaten Blora akhirnya menerima rapelan gaji 6 bulan buntut keterlambatan pengesahan APBD 2015. 
BLORA. Sebanyak 45 orang anggota DPRD Blora bisa menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan hati senang. Bagaimana tidak. Para wakil rakyat hasil Pemilu Legislatif 2014 itu telah menerima rapelan gaji enam bulan (Januari-Juni). “Sudah dibayarkan beberapa waktu lalu,” ujar Sekretaris DPRD Blora Sugiyono, kemarin.

Sebelumnya, para anggota DPRD Blora sejak Januari hingga Juni belum mendapatkan gaji. Itu terjadi karena penetapan APBD 2015 terlambat. APBD Blora 2015 ditetapkan 30 Januari 2015. Padahal menteri dalam negeri (mendagri) memerintahkan penetapan APBD dilakukan paling lambat 30 Desember 2014 atau sebelum berakhirnya tahun anggaran 2014. 

Jika deadline itu tidak ditaati maka daerah terancam sanksi berupa tidak dibayarkannya gaji selama enam bulan bagi anggota DPRD, bupati dan wakil bupati. Beberapa kali pemkab bersama DPRD Blora menanyakan kejelasan hukuman tersebut ke kementerian dalam negeri. Hingga pertanyaan mereka pun terjawab dengan keluarnya surat dari mendagri pada bulan Juni. 

Selama surat itu belum keluar, pemkab belum berani mencairkan gaji anggota DPRD, bupati dan wakil bupati. Surat itu menyatakan bahwa sanksi keterlambatan penetapan APBD belum bisa diterapkan karena hingga saat ini belum ada peraturan pemerintah (PP) sebagai tindak lanjut UU Pemerintahan Daerah yang didalamnya antara lain mengatur tentang APBD.

Sugiyono mengemukakan, begitu DPRD menerima surat dari menteri dalam negeri tentang sanksi keterlambatan penetapan APBD belum bisa diberlakukan, pihaknya langsung memproses pencairan gaji para anggota DPRD. Dalam jangka waktu beberapa hari, proses pencairan sudah rampung. “Begitu dananya cair, langsung kami serahkan ke masing-masing anggota DPRD,” tandasnya.

Dia menyatakan, mulai bulan Juli, gaji anggota Dewan akan dibayarkan rutin setiap bulan. “Alhamdulillah, gaji anggota DPRD Blora memang sudah dibayarkan,” tandas Siswanto SPd, salah seorang anggota DPRD. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved