Blora on News :
Home » , , » Usai Direklamasi, Lahan Terdampak Limbah Migas di Jiken Siap Ditanami Kembali

Usai Direklamasi, Lahan Terdampak Limbah Migas di Jiken Siap Ditanami Kembali

infoblora.com on May 26, 2015 | 1:30 AM

Penyerahterimaan lahan sawah pasca direklamasi akibat adanya pencemaran. Kini lahan tersebut dikembalikan
kepada petani untuk bisa ditanami lagi.
BLORA. Sejumlah petani Desa Jiken yang tanahnya terkena dampak limbah dari staging area milik PTAlam Bersemi Sentosa (ABS), di Jalan Raya Blora- Cepu Km 13, kini dapat bernafas lega. Pasalnya saat ini mereka sudah dapat mulai bercocok tanam kembali di lahannya.

Secara resmi, penyerahan lahan pertanian milik warga yang terkena limbah yang sudah direklamasi dari PT Pertamina Pepcy Adk kepada para petani sudah dilakukan di pendapa Kecamatan Jiken. Penyerahan itu disaksikan Muspika.

Sekedara diketahui, sekitar Maret 2015, sejumlah petani Desa Jiken mengadu ke Muspika Kecamatan Jiken, terkait limbah yang mengalir ke lahan pertanian. Waktu itu, akibat limbah tersebut, mereka tidak bisa bercocok tanam.

Pada lahan mereka mengalir cairan hitam dengan bau yang tak sedap, bahkan cairan itu apabila terkena kulit terasa gatal. Mendapat aduan itu, Muspika Jiken segera koordinasi dengan pengelola staging area, hingga akhirnya pada 9 Maret manajemen PT ABS memberikan ganti rugi kepada para petani.

Selain memberikan ganti rugi selama masa tanam 1 tahun, PT ABS juga menjanjikan akn melakukan reklamasi terhadap lahan pertanian yang terkena limbah. Hal itu sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab perusahaan untuk pemulihan lahan pertanian seperti.

Proses reklamasi dilakukan, namun Senin (4/5), Kepala UPTD Pertanian Jiken, Wahyanto yang ditunjuk melaksanakan reklamasi lahan pertanian, menghentikan kegiatan tersebut. Hal itu karena banyak ditemukan lubang-lubang air limbah dari staging area yang mengalir kembali ke lahan pertanian.

Melihat kondisi itu, PTPertamina Pepcy Adk selaku penanggung jawab meminta manajemen PT Alam Bersemi Sentosa (ABS) untuk segera memindahkan dapur umumnya dari staging area, karena memang pokok permasalahan limbah yang mengalir dari dapur umum dan juga dari kotoran lain.

Camat Jiken, Djoko Sulistiyono membenarkan semua kejadian tersebut. Namun kali ini dia memastikan lahan pertanian sudah siap ditanami dan tidak akan ada limbah yang mengalir lagi. ’’Saat ini saya pastikan lahan pertanian yang sempat terkena limbah itu siap ditanami kembali,’’tandasnya. (ud-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved