Blora on News :
Home » , » UN SMP 2015 : Siswa Diminta Tidak Terpengaruh Isu Soal Bocor

UN SMP 2015 : Siswa Diminta Tidak Terpengaruh Isu Soal Bocor

infoblora.com on May 4, 2015 | 12:30 AM

Ujian Nasional (UN) tingkat SMP-MTs sederajat mulai dilaksanakan Senin hingga Kamis mendatang (4-7/5),
diharap siswa tidak terpengaruh isu kebocoran soal. (foto-ilustrasi)
BLORA. Mulai Senin (4/5) ini hingga Kamis (7/5) mendatang, sebanyak 13.945 siswa SMP/MTs, SMPLB dan Paket B akan mengikuti Ujian Nasional (UN). Jumlah itu tersebar di 136 SMP/MTs dan satu SMPLB dan 9 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) termasuk Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Blora yang menyelenggarakan kejar Paket B (setara SMP).

Seluruh naskah soal dipastikan sudah sampai di masing-masing rayon yang ada. Sebab sudah di distribusikan pada Sabtu (2/5) yang ditempatkan di posko setiap rayon.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Blora Achmad Wardoyo mengungkapkan agar dalam menghadapi UN yang dilaksanakan, Senin (4/5). Seluruh siswa diharapkan mempersiapkan diri dan belajar dengan baik. Serta tidak terpengaruh jika ada isu adanya kebocoran soal. 

’’Siswa harus tetap fokus belajar dan percaya diri pada kemampuan masing-masing, jangan mudah percaya dengan isu adanya soal yang bocor,’’ ujar pinta Wardoyo, Minggu (3/5).

Ia mengatakan kalau kejujuran harus ditekankan kepada semua siswa dalam mengerjakan UN. Dengan jujur maka pelaksanaan ujian di Blora akan semakin berintegritas baik.
Siswa dan sekolah juga akan puas dengan hasil yang dicapai sebab dilakukan dengan cara yang benar. ’’Pihak sekolah dan guru harus memberikan contoh dalam mengajarkan kejujuran dalam UN, bukan malah sebaliknya, ’’ tandasnya.

Dia juga memastikan kalau naskah soal UN sudah ada di posko masing-masing rayon. Selama di rayon naskah soal juga dijaga dari personel kepolisian. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya kebocoran soal.

Sementara itu Kabid Dikmen Hariyadi menambahkan Jumlah peserta tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun 2014 yang hanya diikuti oleh 9.151 untuk SMP dan 3.478 untuk MTs. Waktu UN sendiri akan dilaksanakan pada 5-7 Mei 2015.

’’Ada empat mata pelajaran yang digunakan untuk UN SMP dan MTs, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam,’’ jelasnya. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved