Blora on News :
Home » , » Tokoh Sedulur Sikep Samin Blora Gelar Pertemuan

Tokoh Sedulur Sikep Samin Blora Gelar Pertemuan

infoblora.com on May 16, 2015 | 1:00 AM

Sedulur sikep (Samin) Kabupaten Blora bersilahturahmi di rumah Sariman di Dukuh Tanduran Kec.Kedungtuban.
BLORA. Sejumlah tokoh Sedulur Sikep di Blora menggelar pertemuan di rumah Sariman di Dukuh Tanduran, Desa Kemantren, Kecamatan Kedungtuban, Blora, Jumat (15/5) malam.
Pertemuan tersebut tanpa dijadwalkan sebelumnya. Mereka yang datang diantaranya adalah keturunan Samin Surosentiko.

Pertemuan tersebut menjadi lebih bermakna ketika mereka saling bertukar fikiran dan membicarakan tradisi yang hingga kini masih dipertahankan.

‘’Sama-sama masih melakukan tradisi dan ajaran sesepuh, diantaranya laku pada bulan Suro, tradisi sebelum menggarap sawah. Dan yang jelas sama-sama masih mengenakan iket dan pakaian hitam,’’ ujar Lasio didampingi Poso, Sumo Semi, Kadar dan Loso yang notabene adalah tokoh Sedulur Sikep Samin dari Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Blora.

Sementara itu Sariman sangat tersanjung atas silaturahmi tokoh Samin dari Karangpace. Menurutnya, manunggalnya persaudaraan yang dilandasi kejujuran mampu menyatukan hati yang selama ini tergerus perkembangan jaman.

‘’Ngumpulke balung pisah, ini memang perlu bagi para sedulur,’’ kata Sariman.

Hanya saja, menurut Sariman, kesibukan menggarap lahan pertanian, membuat kesempatan untuk saling bertemu dan bersilaturahmi sesering mungkin terbatas.
Sariman adalah cicit menantu dari Surosentiko yang beristerikan Kasminah. Hingga kini keluarga tersebut hidup rukun berdampingan Sedulur Sikep lainnya dengan mata pencaharian utama bertani. (abdul muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)

Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved