Blora on News :
Home » , » Ternyata Pembahasan Anggaran Pilkada Blora 2015 Belum Selesai

Ternyata Pembahasan Anggaran Pilkada Blora 2015 Belum Selesai

infoblora.com on May 28, 2015 | 2:00 AM

Pemkab Blora bersama DPRD dan KPU terus membahas anggaran Pilkada 2015 agar penggunaannya sesuai dengan
kebutuhan yang diajukan.
BLORA. Meski telah disepakati nominal tambahan anggaran penyelenggaraan pilkada, namun hingga kini naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) anggaran tersebut belum ditandatangani. Padahal KPU Blora menghendaki adanya kepastian tambahan anggaran pilkada yang dituangkan dalam NPHD.

Itu dilakukan sebagai jaminan dana pilkada benar-benar ada dan telah dianggarkan. DPRD bersama Pemkab dan KPU serta Panwas selama dua hari, Senin-Selasa (25-26/5), melakukan pembahasan anggaran pilkada tersebut di gedung DPRD.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda), Sutikno Slamet selaku ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mengungkapkan, dalam rapat itu telah disepakati nominal tambahan anggaran pilkada untuk KPU maupun Panwas.

Hanya saja, menurutnya, pembahasan lanjutan masih akan dilakukan mengingat tambahan anggaran akan dimasukan dalam APBD Perubahan 2015. ’’Jadi, mekanisme penganggaran dalam APBD Perubahan harus dilalui dulu. Seperti pembahasan di Badan Anggaran (Banggar) maupun dalam rapat paripurna DPRD. Untuk nominal tambahan anggaran pilkada sudah tidak ada masalah,’’ ujarnya, kemarin. 

Pemkab Blora dalam APBD 2015 sebelumnya telah menganggarkan dana pilkada untuk KPU sebesar Rp 11 miliar. Sedangkan dana pilkada untuk Panwas dalam APBD 2015 dianggarkan Rp 1,5 miliar. Sama seperti KPU, anggaran untuk Panwas itupun dianggap masih kurang. Karena itu, Pemkab pun berencana menambahkan anggaran tersebut dalam APBD Perubahan 2015.

Ketua DPRD Bambang Susilo menyebutkan, anggaran pilkada yang sudah disepakati dalam rapat adalah Rp 18,25 miliar untuk KPU dan Rp 3,5 miliar akan digunakan Panwas.
Dengan demikian nominal tambahan anggaran Pilkada untuk KPU yang akan dimasukan dalam APBD Perubahan sebesar Rp 7,25 miliar dan Panwas Rp 2 miliar. Hanya saja dia meminta Pemkab memastikan kesiapan tambahan anggaran tersebut. ’’Semoga dalam waktu dekat ini sudah clear semua,’’ tandasnya.

Ketua KPU Blora Arifin tak ingin berkomentar banyak terkait tambahan anggaran tersebut. Pihaknya hanya ingin kepastian seluruh anggaran pilkada telah dituangkan dalam NPHD. ’’Ya ditunggu saja. Mudah-mudahan NPHDnya segera ditandatangani,’’ katanya.

Sementara itu, Ketua Panwas Blora Lulus Mariyonan menyatakan, nominal anggaran pilkada sudah disepakati dalam pembahasan di DPRD. ’’Sedangkan untuk teknis penganggarannya, Pemkab dan DPRD yang akan membahasnya,’’ ujarnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved