Blora on News :
Home » , » Tak Ingin Gagal Panen, Petani di Blora Minta Waduk Greneng dan Tempuran Dibuka

Tak Ingin Gagal Panen, Petani di Blora Minta Waduk Greneng dan Tempuran Dibuka

infoblora.com on May 27, 2015 | 11:00 AM

Pintu air Waduk Greneng Kecamatan Tunjungan Blora diminta dibuka oleh petani untuk irigasi sawah karena mereka tidak ingin gagal panen menyusul datangnya musim kemarau.
BLORA. Petani di Blora tidak ingin gagal panen. Tanaman padi yang telah mereka tanam sejak beberapa pekan lalu kini membutuhkan air irigasi. Padahal di saat bersamaan, hujan tidak turun lagi.

Ketersediaan air di sungai juga sangat terbatas. Para petani pun meminta petugas penjaga waduk Greneng dan Tempuran menggelontor air untuk mereka.

”Permintaan air untuk irigasi pertanian di kawasan Waduk Tempuran dan Greneng belakangan ini cukup banyak. Kami penuhi permintaan tersebut,” ujar Koordinator Lapangan (Korlap) Waduk Tempuran dan Greneng Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jateng, Sutrisno, Rabu (27/5).

Tingginya penggunaan air menyebabkan debit air Waduk Greneng dan Waduk Tempuran mulai berkurang drastis. “Penurunan debit air waduk sekitar lima hingga tujuh centimeter setiap hari,” tandas Sutrisno.

Dia menyebutkan, penurunan tersebut terjadi antara lain karena sudah tidak ada pasokan air hujan. Padahal kedua waduk tersebut selama ini mengandalkan air hujan untuk memenuhi area waduk. Sementara pada saat bersamaan, kebutuhan air untuk irigasi pertanian sangat tinggi.

Meski kebutuhan air oleh para petani cukup banyak, namun Sutrisno menyakini air di waduk Greneng dan Tempuran masih sangat mencukupi untuk musim tanam kedua (MT-II) tahun ini. Hanya saja, kata Sutrisno, setelah MT-II berlalu, pihaknya akan melakukan pengaturan penggunaan air waduk. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved