Blora on News :
Home » , » Tahapan Pilkada Blora 2015 : Pendaftaran Calon Bupati Hanya Dibuka 3 Hari

Tahapan Pilkada Blora 2015 : Pendaftaran Calon Bupati Hanya Dibuka 3 Hari

infoblora.com on May 22, 2015 | 1:30 AM

Tahapan Pilkada 2015 di Kabupaten Blora mulai disusun, dari situ terungkap bahwa pendaftaran calon bupati hanya dibuka selama 3 hari saja. (foto-ilustrasi)
BLORA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora telah menetapkan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Blora 2015.
Berdasarkan keputusan KPU Nomor 16/Kpts/KPU-Kab-0123- 29367/2015 tersebut, pendaftaran pasangan calon bupati dan calon wakil bupati pada Pilkada 2015 hanya selama tiga hari, mulai 26-28 Juli.

’’Tahapan pilkada yang sudah kami tetapkan itu mengacu pada peraturan KPU Pusat Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota,’’ujar Ketua KPU Blora Arifin, kemarin.

Keputusan KPU Blora tentang tahapan pilkada tersebut diputuskan dalam rapat pleno, pada 18 April 2015. Keputusan itupun telah diupload di website KPU Blora. Dengan begitu, masyarakat bisa mengetahui tahapan tersebut. Hanya saja, menurut dia, pihaknya dalam waktu dekat ini juga akan menyosialisasikan tahapan pilkada itu kepada partai politik (parpol) maupun pihak terkait lainnya. ’’Jadwal sosialisasinya segera kami susun,’’tandasnya. 

Menurut dia, karena mengacu aturan yang sama, yakni PKPU Nomor 2 tahun 2015, maka jadwal dan tahapan pilkada di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia yang menggelar pilkada serentak 2015 juga sama. ’’Hingga saat ini tidak ada perubahan. Jadwalnya tetap sama,’’katanya. 

Berdasarkan data yang dihimpun, sebelum masuk pada tahap pendaftaran pasangan calon, terlebih dahulu akan dilaksanakan tahapan syarat dukungan pasangan calon perseorangan.

Pengumuman penyerahan syarat dukungan berlangsung 24 Mei hingga 7 Juni. Penyerahan syarat dukungan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati dari jalur perseorangan dijadwalkan 11 Juni hingga 15 Juni. Adapun pengumuman pendaftaran pasangan calon 14 Juli-25 Juli. Pendaftaran pasangan calon 26 Juli-28 Juli.

Setelah itu dilakukan pemeriksaan kesehatan, penelitian syarat pencalonan dan syarat calon hingga perbaikan syarat pencalonan dan penelitian perbaikan syarat calon. Penetapan pasangan calon dilakukan 24 Agustus dan pengundian serta pengumuman nomor urut pasangan calon dijadwalkan berlangsung 25-26 Agustus.

Pemungutan suara pilkada berlangsung 9 Desember 2015. ’’Sudah ada warga yang disebutsebut akan maju sebagai calon perseorangan yang mengirim surat kepada kami menanyakan tahapan Pilkada. Kami pun sudah membalas surat tersebut,’’ tandasnya. Warga yang dimaksud adalah Mulgiyono. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved