Blora on News :
Home » , » Rawan Pencurian, Perhutani KPH Cepu Lakukan Pengawasan Khusus Jati Teresan

Rawan Pencurian, Perhutani KPH Cepu Lakukan Pengawasan Khusus Jati Teresan

infoblora.com on May 4, 2015 | 12:00 AM

Jati teres atau jati yang senagaj dikeringkan untuk menunggu masa tebang ternyata rawan pencurian. Petugas Perhutani KPH Cepu terus melakukan pengawasan khusus.
BLORA. Pohon jati siap tebang (teresan) dinilai rawan dicuri. Perhutani KPH Cepu, Blora, melakukan pengawasan khusus sejumlah kawasan BKPH yang sedang melakukan tebang habis produksi kayu jati tahun 2015. Lokasi itu diantaranya, BKPH Cabak, BKPH Nanas, BKPH Nglobo, BKPH Nglebur, BKPH Pasarsore, BKPH Ledok, BKPH Wonogadung dan BKPH Kedewan. Pengawasan melibatkan polisi.

Agus Kusnandar Wakil Kepala Administratur KPH Cepu dan koordinator pengaman hutan, Minggu (3/5), mengemukakan di lokasi penebangan kayu jati yang saat ini sedang berlangsung di sejumlah lokasi di wilayah KPH Cepu, sangat rawan pencurian. 

“Dari kasat mata saja, di lokasi tebangan banyak kayu jati berserakan, menunggu angkutan truk untuk dibawa ke Tempat Penampungan Kayu (TPK),”katanya.

Dijelaskan, pengawasan khusus itu dalam rangka untuk menekan angka pencurian kayu jati. Menurutnya, modus pencurian kayu selama ini, selain para pencuri menebang langsung tegakan kayu jati di kawasan hutan. Mereka sering mengincar kayu tebangan dengan menggunakan sepeda motor. 

Saat dibawa, pencuri menutupi kayu jati curian dengan rerumputan untuk mengelabuhi petugas. “Selama ini kami selalu bertindak tegas kepada pelaku pencurian kayu,”tegasnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved