Blora on News :
Home » , » Pilkada 2015 : Tahapan Rekapitulasi Suara di Tingkat Desa Dihapus

Pilkada 2015 : Tahapan Rekapitulasi Suara di Tingkat Desa Dihapus

infoblora.com on May 9, 2015 | 1:00 AM

Pada pilkada 2015 nanti proses rekapitulasi suara di tingkat PPS ditiadakan untuk mempersingkat perhitungan suara, namun keberadaan PPS tetap dibutuhkan. (ilustrasi)
BLORA. Rekapitulasi atau penghitungan suara di tingkat desa atau kelurahan dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) dipastikan tidak ada lagi. Hal itu berbeda dengan pemilu atau Pilkada di tahun-tahun sebelumnya. Penghapusan tersebut sebagai tindak lanjut dari diberlakukannya Undang-Undang tentang Pilkada.

”Penghitungan suara dilakukan di tempat pemungutan suara (TPS). Setelah itu dibawa ke kecamatan untuk direkapitulasi. Rekapitulasi di tingkat panitia pemungutan suara (PPS) di desa/kelurahan dihapus,” ujar Ketua KPU Blora Arifin, kemarin.

Meski tidak ada lagi rekapitulasi suara di tingkat desa namun pembentukan PPS tetap dilakukan. Apalagi menurut Arifin, tugas PPS masih cukup banyak. Diantaranya pemutakhiran data pemilih.

Bahkan berdasarkan perundangan yang berlaku, nantinya dibentuk pula sekretariat PPS. Di pemilu sebelumnya, sekretariat PPS itu tidak ada. ”PPS beranggotakan tiga orang. Sekretariat PPS membantu tugas-tugas PPS,” tandas Arifin.

Saat ini proses pembentukan PPS tengah berlangsung. Menurut Arifin, calon anggota PPS diusulkan oleh pemerintah desa dan Badan Permusyawaran Desa (BPD) dengan jumlah enam orang.

KPU nantinya akan memutuskan tiga dari enam orang itu diangkat menjadi anggota PPS. ”Syarat-syarat menjadi anggota PPS sudah ditentukan. Diantaranya belum pernah dua kali periode menjadi anggota PPS,” katanya. (abdul muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved