Blora on News :
Home » , » Perbaiki Infrastruktur Desa, TMMD Sengkuyung Digelar di Desa Kedungwungu Todanan

Perbaiki Infrastruktur Desa, TMMD Sengkuyung Digelar di Desa Kedungwungu Todanan

infoblora.com on May 8, 2015 | 3:30 AM

Komandan Kodim 0721 Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin memukul kentongan didampingi Bupati Blora, Kapolres, Kajari, dan Kepala Pengadilan Negeri saat pembukaan TMMD Sengkuyung di Desa Kedungwungu Todanan kemarin.
BLORA. Sarana infrastruktur di desa masih menjadi fokus utama dalam kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2015. Pasalnya, di desa masih banyak sarana jalan atau saluran air yang kondisinya kurang layak dan perlu perbaikan.

Itulah yang akan dilakukan personel TNI Kodim 0721/Blora dalam pelaksanaan TMMD yang dilaksanakan di Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan Blora selama 20 hari ke depan. Bahkan pada TMMD kali ini juga akan dilakukan bedah rumah untuk warga yang tidak mampu atau kondisi rumah tidak layak huni.

’’Pembangunan jalan, jembatan dan saluran air atau talud prioritas dalam TMMD kali ini, sebab dengan pembenahan infrastruktur tentu akan membantu dan memudahkan masyarakat,’’ ujar Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin saat pembukaan TMMD di Lapangan Desa/Kecamatan Todanan, Blora, Kamis (7/5) kemarin.

Adanya infrastruktur yang baik diharapkan akan mampu mengerakkan roda ekonomi masyarakat, di sisi lain bisa membangkitkan dan mengelorakan akan budaya gotong royong. Dengan demikian membangun desa akan lebih mudah dan ringan. 

’’Keterlibatan masyarakat bersama TNI dalam melaksanakan kegiatan menjadi sangat penting,’’ tandasnya. 

Pembangunan jalan makadam di Desa Kedungwungu jadi salah satu kegiatan
dalam TMMD Sengkuyung.
Saat pembukaan Dandim bersama Bupati Djoko Nugroho serta unsur Forkompinda, Muspika setempat serta masyarakat Kecamatan Todanan melakukan penanamnam pohon di sekitar lapangan dan turus jalan desa.

Sementara itu, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten CHb Sudiyono mengakui TMMD yang dipusatkan di Desa Kedungwungu akan dibangun jalan makadam sepanjang 1,8 km dengan lebar 3 meter. Jalan itu dulunya rusak parah karena hanya berupa tanah liat sehingga saat musim hujan semakin parah.

Selain jalan juga akan dibangun dua talud yang pertama dengan panjang 250 meter, tinggi 1,5 meter, dan 10 rumah yang akan dipugar sebagai bentuk kegiatan bedah rumah. ’’Selain itu kami juga akan melakukan penyuluhan baik dari TNI, Polri serta dari dinas instansi terkait,’’ ujarnya. 

Khusus untuk jalan makadam karena volume cukup panjang dan medan yang sulit, sebelum pelaksanaan sudah dilaksanakan dahulu bersama dengan masyarakat setempat.

Dengan demikian, kemangunggalan TNI dan masyarakat akan memunculkan semangat gotongroyong dalam TMMD. ’’Kerja sama dengan masyarakat sangat penting, dan masyarakat desa memang masih sangat membutuhkan perbaikan infrastruktur,’’ jelasnya. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved