Blora on News :
Home » , » Pendaftaran Panwas Kecamatan Untuk Pilkada Blora 2015 Dipermudah

Pendaftaran Panwas Kecamatan Untuk Pilkada Blora 2015 Dipermudah

infoblora.com on May 12, 2015 | 2:30 AM

Ninik Idhayanti, anggota Panwas Kabupaten Blora.
BLORA. Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Blora memberikan sejumlah kemudahan bagi warga yang hendak mendaftar menjadi calon anggota Panwas kecamatan. Kemudahan tersebut di antaranya formulir berkas administrasi calon bisa diperoleh di kecamatan masing-masing ataupun di-download di internet, kartu tanda penduduk (KTP) tidak perlu dilegalisir dan disediakan perpanjangan waktu pendaftaran bagi yang belum lengkap. 

Anggota Panwas Pilkada Blora, Ninik Idhayanti yang juga sekretaris Kelompok Kerja Pembentukan Panwas Kecamatan mengemukakan, pihaknya mulai kemarin, mengumumkan pendaftaran calon anggota Panwas kecamatan.

Pengumuman bernomor 02/Pokja-Panwas/ V/2015 itu diikuti pula dengan pengambilan berkas pendaftaran. Pengumuman dan pengambilan berkas pendaftaran berlangsung hingga 15 Mei. Adapun penerimaan berkas pendaftaran dijadwalkan berlangsung 16-22 Mei. 

’’Kami sudah sebarkan formulir berkas administrasi calon di setiap kecamatan.
Bagi warga yang berminat menjadi calon anggota Panwas Kecamatan Pilkada Blora silahkan mengambil formulir tersebut di kecamatan masing-masing ataupun bisa juga di sekretariat Panwas Pilkada kabupaten,’’ ujarnya, kemarin.

Dia mengungkapkan, persyaratan menjadi calon anggota Panwas kecamatan telah jelas dituangkan dalam pengumuman tersebut. Persyaratan itu mengacu ketentuan yang diatur oleh Bawaslu Pusat. ’’Kami hanya meneruskan saja,’’tandasnya.

Adapun persyaratan itu di antaranya pada saat pendaftaran berusia paling rendah 25 tahun. Berpendidikan paling rendah SLTA, berdomisi di wilayah kecamatan yang bersangkutan yang dibuktikan dengan KTP. Tidak pernah menjadi anggota parpol atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan parpol sekurangkurangnya dalam jangka waktu lima tahun pada saat mendaftarkan diri. Selain itu juga tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

Disyaratkan pula mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan BUMN/BUMD atau BUMDesa pada saat mendaftar sebagai calon. ’’Pendaftar nantinya akan mengikuti serangkaian tahapan seleksi,’’katanya. 

Lebih lanjut Ninik menjelaskan, Panwas Pilkada Blora menyediakan waktu perpanjangan masa pendaftaran, 23-25 Mei. Perpanjangan itu dilakukan jika masih ada kecamatan yang jumlah pendaftarnya di bawah batas minimal tiga orang. 

Selain itu masa perpanjangan tersebut bisa digunakan oleh pendaftar yang masih belum lengkap berkas persyaratan pendaftaran. Menurutnya, rangkaian seleksi bagi pendaftar di antaranya berupa seleksi administrasi, seleksi tertulis dan tes wawancara.

’’Nantinya yang dinyatakan lolos seleksi tertulis setiap kecamatan sebanyak enam orang. Keenam orang itu berhak mengikuti tes wawancara. Dari enam orang itulah akan ditetapkan tiga orang sebagai anggota Panwas Kecamatan terpilih. Jadi, jumlah anggota Panwas kecamatan nantinya sebanyak tiga orang di setiap kecamatan,’’ujarnya. (abdul muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved