Blora on News :
Home » , » Penanganan Bencana, PMI Blora Optimalkan Satgana dan Relawan

Penanganan Bencana, PMI Blora Optimalkan Satgana dan Relawan

infoblora.com on May 3, 2015 | 11:09 AM

Umi Kulsum (kanan) Ketua PMI Kabupaten Blora memasangkan kalung keanggotaan pelatihan Tim Rescue di Waduk Greneng belum lama ini.
BLORA. Palang Merah Indonesia (PMI) Blora dengan Satuan Tanggap Bencana (Satgana) yang ada di enam kecamatan serta Tim Rescue 20 siap untuk membantu penanganan bencana yang terjadi di seluruh kecamatan di Kabupaten Blora.

Tim yang ada tersebut selama ini telah banyak berkiprah dalam setiap bencana yang terjadi, baik yang sifatnya ringan atau berat. Kekuatan yang disiapkan itu akan diintegrasikan dengan instansi terkait dan dalam upaya akselerasi penanganan bencana.

Ketua PMI Blora Umi Kulsum mengemukakan kalau selama ini PMI telah menyiapkan personel dan relawan satgana di enam kecamatan yang rawan akan bencana.
Bukan hanya itu saat ini juga sudah ada TR 20 yang siaga setiap saat dan dibekali ketrampilan akan pertolongan baik evakuasi korban, pertolongan pertama serta teknik dasar dalam penanggulangan bencana.

“Yang jelas selama ini PMI sudah siap jika ada bencana baik tim medis atau relawan lainnya,” tegasnya.

Bukan hanya itu saja PMI juga memiliki KSR yang juga siap terjun di lokasi bencana dengan kemampuan pertolongan pertama dan medis. Bahkan bergam pelatihan rutin dilakukan untuk semakin meningkatkan kemampuan baik teknis maupun non teknis.

“Sebagai daerah yang juga rawan bencana khusushya angin puting beliung dan banjir jadi PMI sudah siap dan kanpun terjun saat ada bencana,” ujar Umi Kulsum. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)


Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved