Blora on News :
Home » , , » Pemkab Blora Akan Kucurkan Kredit Usaha Produktif (KUP) Tanpa Agunan

Pemkab Blora Akan Kucurkan Kredit Usaha Produktif (KUP) Tanpa Agunan

infoblora.com on May 15, 2015 | 12:00 AM

Plt Sekda Blora Sutikno Slamet menjelaskan rencana peluncuran program KUP di Pendopo Kabupaten belum lama ini.
BLORA. Tingkatkan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil menengah, Pemkab Blora bekerjasama dengan Bank Jateng tidak lama lagi akan meluncurkan program bantuan permodalan tanpa agunan. Progam yang nantinya ditujukan untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) ini dinamakan Kredit Usaha Produktif (KUP).

Program KUP yang akan dikucurkan Pemkab Blora ini merupakan duplikasi KUP yang sudah terlebih dahulu dilakukan Pemkab Kudus. Blora menjadi kabupaten kedua setelah Kudus yang akan mencanangkan KUP sebagai bantuan permodalan tanpa agunan bagi pengusaha kecil tersebut. Bahkan akhir April lalu Bupati Kudus, Musthofa datang secara pribadi ke Blora untuk menjelaskan mekanisme program KUP di hadapan Bupati Blora, Djoko Nugroho.

Program KUP sendiri akan memberikan modal usaha bagi pelaku UMKM dengan kisaran 5 juta hingga 20 juta per orang atau kelompok pelaku usaha tanpa adanya jaminan atau agunan. Untuk penyediaan dana, Pemkab Blora menggandeng Bank Jateng cabang Blora agar bisa menyediakan pinjaman tersebut.

“Nantinya, KUP yang akan menyediakan dana adalah dari Bank Jateng dan semua pelaku usaha kecil di Blora mulai dari kelompok tani, home industri dan usaha produktif bisa mengajukan untuk mendapat KUP.  Teknisnya, nanti ada di Bank Jateng dan sangat mudah tidak ada jaminan serta besaran pinjaman utuh diterima tidak ada potongan apapun,” jelas Plt Sekda Blora, Sutikno Slamet dalam sosialisasi KUP, belum lama ini.

“Setelah tahap sosialisasi, rencananya Pemkab Blora akan membentuk tim yang terdiri dari unsur pemkab dan Bank Jateng cabang Blora untuk segera merealisasikan program ini. Pemkab sudah melaksanakan studi banding ke Kabupaten Kudus, untuk melihat dari dekat pelaksanaan program KUP,” tambahnya.

Dengan adanya KUP ini, diharapkan pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil di Kabupaten Blora bisa meningkat dengan baik seiring dengan berkembangnya usaha kecil menengah. Sehingga kesejahteraan masyarakat ikut meningkat. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved