Blora on News :
Home » , » Pameran Kepurbakalaan dan Batu Akik Siap Ramaikan Festival Tosan Aji IV di Blora

Pameran Kepurbakalaan dan Batu Akik Siap Ramaikan Festival Tosan Aji IV di Blora

infoblora.com on May 27, 2015 | 3:00 PM

Festival Tosan Aji IV Kabupaten Blora akan diramaikan Pameran Kepurbakalaan
dan Pameran Batu Akik. 
BLORA. Paguyuban Tosan Aji Toya Padasan Blora bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora siap menggelar FESTIVAL TOSAN AJI IV tahun 2015. Festival yang akan diramaikan pameran benda-benda kepurbakalaan dan batu akik atau batu mulia tersebut akan dibuka Kamis (28/5) besok di GOR Mustika Blora.

Arief Budiyanto, salah satu panitia menjelaskan bahwa pelaksanaan festival akan berlangsung selama empat hari terhitung sejak pembukaan Kamis (28/5) hingga Minggu (31/5) mendatang. “Dalam gelaran Festival Tosan Aji ke IV ini selain menampilkan benda-benda pusaka tosan aji, juga akan diramaikan pameran benda-benda kepurbakalaan dan pameran batu akik yang kini sedang naik daun. Khusus tosan aji nanti juga akan hadir paguyuban tosan aji dari Kabupaten Tuban serta ISI Surakarta,” bebernya.

“Untuk pameran benda-benda kepurbakalaan, kami mengundang Museum Kepurbakalaan Sangiran Kabupaten Sragen, Balai Arkeologi Yogyakarta, Museum Ronggowarsito Semarang, serta Blora Pride Foundation. Semua akan menampilkan berbagai kekayaan benda purbakala dan cagar budaya nusantara,” tambahnya.

“Sedangkan untuk pameran batu akik, kami membuka puluhan stan yang telah habis terpesan oleh beberapa pengrajin batu mulai di Blora dan sekitarnya. Serta mengikut sertakan komunitas gemstone Blora,” lanjutnya.

Beberapa peserta menyiapkan stan pameran yang akan digunakan pada Festival Tosan Aji IV di GOR Mustika Blora.
Berdasarkan pantauan tim info Blora, Rabu sore (27/5) panitia sudah sibuk mempersiapkan lokasi pameran di GOR Mustika. Puluhan stan sudah ditata sedemikian rupa lengkap dengan dekorasi yang menarik. Satu panggung hiburan di sisi utara didirikan untuk menampilkan seni budaya saat festival berlangsung.

Untuk memeriahkan pelaksanaan festival, panitia juga menggelar lomba foto on the spot bertema human interest. Ketua panitia lomba foto Nugroho WS yang juga aktifis komunitas fotografi Nikon Blora menjelaskan bahwa lomba foto ini ditujukan untuk peserta kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Selama pameran atau festival tosan aji berlangsung di GOR Mustika, silahkan mengambil gambar bisa memakai camera hape, camera digital ataupun DSLR. Foto hasil jepretan nanti bisa diserahkan ke panitia yang ada di salah satu stan dalam GOR Mustika. Panitia menyediakan hadiah hingga jutaan rupiah,” jelasnya. 

Berbagai produk UMKM Kabupaten Blora seperti batik dan kaos khas Blora juga akan ikut meramaikan Festival Tosan Aji tersebut. Pameran dibuka mulai 09.00 wib hingga 21.00 wib setiap harinya. Gratis untuk umum, semua diperbolehkan masuk. (mt-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved