Blora on News :
Home » , » Pameran Kepurbakalaan & Batu Akik di GOR Mustika Blora Sedot Ribuan Pengunjung

Pameran Kepurbakalaan & Batu Akik di GOR Mustika Blora Sedot Ribuan Pengunjung

infoblora.com on May 30, 2015 | 12:30 AM

Ribuan pengunjung pameran silih berganti memasuki GOR Mustika Blora untuk melihat pameran kepurbakalaan dan bazar batu akik yang dibuka hingga Minggu (31/5) esok.
BLORA. Sejak dibuka secara resmi oleh Bupati Djoko Nugroho pada Kamis (28/5) lalu hingga kini, Festival Tosan Aji yang menampilkan pameran kepurbakalaan dan batu akik (gemstone) telah berhasil menyedot ribuan pengunjung untuk datang ke GOR Mustika sebagai lokasi penyelenggaraan acara.

Tidak hanya para orang tua penghobi batu mulia, para anak-anak dan ibu-ibu, serta kalangan pelajar juga banyak berdatangan untuk mengunjungi stan stan pameran yang ada di dalam GOR Mustika. Panitia telah membuka 52 stan pameran yang menampilkan museum Ronggowarsito Semarang, Balai Arkeologi Yogyakarta, Prodi Keris ISI Surakarta, Tosan Aji, produk UMKM dan puluhan pengusaha kerajinan batu akik.

Ketua panitia pameran, Edy Harsono mengungkapkan rasa syukurnya bahwa penyelenggaraan acara ini ternyata disambut baik masyarakat. “Alhamdulillah antusias masyarakat sangat bagus, bahkan sudah mencapai angka ribuan pengunjung hingga pelaksanaan hari ketiga ini. Ini bukti bahwa kepurbakalaan, tosan aji dan batu akik masih menjadi tren di Blora,” bebernya.

Sementara itu, Sugeng (23) salah satu pengunjung pameran asal Todanan juga mengungkapkan rasa senangnya bisa mengunjungi pameran batu akik yang dikemas bersama dengan pameran kepurbakalaan ini.

Stan pameran keris dipadati pengunjung.
“Kebetulan saya sedang cuti kerja, dan bisa hadir ke Blora untuk menyaksikan pameran terutama stan batu mulia. Baru saya ketahui ternyata Blora juga punya batu mulia khas yakni batu fosil jati yang cukup bagus jika dibuat akik. Ini potensi ekonomi kreatif daerah, perlu dikembangkan,” jelas Sugeng.

Lain halnya dengan Iwan (22) salah satu pemuda asal Desa Temon ini lebih tertarik dengan pameran Tosan Aji (pusaka keris) yang ditampilkan oleh paguyuban Tosan Aji Toya Padasan Blora dan Tosan Aji Buntel Mayit dari Kabupaten Tuban.

“Ternyata keris juga bermacam-macam dan penuh makna atau filosofi. Dengan adanya pameran ini saya jadi lebih paham arti senjata keris dan bisa belajar mengenali proses pembuatan keris yang disajikan ISI Surakarta,” jelas Iwan.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, penyelenggaraan pameran atau festival Tosan Aji ini merupakan gelaran yang keempat. Dimana tahun lalu mengusung tema Gajah Purba Blora sebagai ikon pameran, sedangkan tahun ini mengusung tema Batu Gemstone (Akik) yang sedang banyak digemari masyarakat.

Pameran sendiri akan berakhir hari Minggu (31/5) esok pada pukul 15.00 WIB. Bagi masyarakat yang ingin berkunjung dipersilahkan datang langsung di GOR Mustika Kota Blora. Pameran dibuka mulai 09.00 sampai dengan 21.00 WIB. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved