Blora on News :
Home » , , » Motif Barongan, Jati dan Samin Menjuarai Fashion Show Festival Batik Blora

Motif Barongan, Jati dan Samin Menjuarai Fashion Show Festival Batik Blora

infoblora.com on May 10, 2015 | 5:52 AM

Diapit Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, para juara fashion show batik berurutan dari kanan juara satu dengan batik barongan, tengah juara dua dengan motif jati dan juara tuga dengan motif samin.
BLORA. Beragam motif dan corak hasil karya para perajin batik di Kabupaten Blora ditampilkan semua pada ajang fashion show batik yang masih dirangkaikan dengan acara Festival Batik Blora dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) PKK ke 43.

Seperti diberitakan info Blora sebelumnya, acara yang digelar Sabtu (9/5) lalu di Pendopo Kabupaten Blora tersebut telah diikuti 27 peserta fashion show batik dari perwakilan PKK tingkat Kecamatan se Kabupaten Blora dan para anggota kluster batik.

Hasilnya motif barongan, jati dan samin keluar menjadi juara fashion show batik yang digagas Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora bersama Disperindagkop UMKM Blora. Juara pertama diraih model perwakilan perajin batik Mustika Art Galery yang memakai batik hijau bermotif barongan dengan dipadukan kebaya hijau dan sanggul berhias bunga melati.

Model fashion show Mustika Art Galery milik Hj.Hurip Hindiyani yang diperagakan oleh Arnia Jovi dengan nomor undi 28 berhasil memukai dewan juri sehingga meraih nilai 780. Disusul juara kedua adalah perwakilan tim PKK Kecamatan Randublatung dengan nomor undi  05 meraih nilai 773 yang memakai batik berwarna hijau dengan motif daun jati.

Batik daun jati berwarna hijau tersebut dipadukan dengan kebaya hijau pula. Untuk sanggul, perwakilan Kecamatan Randublatung ini memakai sanggul jawa klasik sehingga tetap anggun.

Sedangkan juara ketiga diraih peserta perwakilan Viesta Batik yang baru pertama kali memproduksi batik dengan motif samin. Batik motif samin yang diperagakan Suci dengan nomor undi 24 berhasil meraih nilai 757. Dengan mengangkat tema samin, batik yang bermotif salur samin dipadukan dengan kebaya serba hitam sebagai simbol kesederhanaan sedulur sikep (samin) di Kabupaten Blora.

Vesta Wahyuningsih selaku pemilik Viesta Batik mengaku senang batik hasil produksi pertamanya bisa meraih juara tiga. “Alhamdulillah produk kami pertama kali keluar dan pertama kali ikut lomba bisa meraih juara. Meskipun juara ketiga, ini sudah menjadi awal yang bagus untuk kedepannya. Tentunya semakin semangat mengembangkan motif khas Blora lainnya,” kata Vesta.

Sementara itu Hj.Umi Kulsum Djoko Nugroho selaku ketua tim penggerak PKK Kabupaten Blora memberikan ucapan kepada para pemenang fashion show batik dalam acara HUT PKK ke 43 ini. “Selamat untuk para pemenang, semoga ini bisa memacu para perajin untuk terus mengembangkan industri kreatif batik Blora. Untuk yang belum beruntung jangan putus asa, ini menjadi pendorong untuk mengevaluasi diri menuju yang lebih baik,” jelasnya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved