Blora on News :
Home » , , » Melalui Wayang, Keaslian dan Gerakan Uang Bersih Disosialisasikan

Melalui Wayang, Keaslian dan Gerakan Uang Bersih Disosialisasikan

infoblora.com on May 31, 2015 | 3:00 AM

Pentas wayang kulit dalam rangka sosialisasi keaslian dan gerakan uang bersih di Lapangan Tuk Buntung Kecamatan Cepu, semalam.
BLORA. Ciri-ciri keaslian uang rupiah dan gerakan uang bersih disosialisasikan di Blora, Sabtu (30/5) malam. Kegiatan itu digelar Perum Peruri bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora.

Sosialisasi dikemas dalam acara pegelaran wayang kulit di Taman Tuk Buntung Kecamatan Cepu. Pagelaran wayang kulit menampilkan dalang Ki Purbo Asmoro (Solo) dengan lakon Sesaji Raja Suya. “Melalui kegiatan ini kami berharap masyarakat tahu ciri-ciri uang asli itu seperti apa,” ujar Kepala DPPKKI Slamet Pamuji.

Dipilihnya wayang kulit sebagai media sosialisasi, menurut Mumuk sapaan akrab Slamet Pamuji, karena wayang kulit sangat akrab dengan masyarakat. “Pesan yang disampaikan akan lebih mengena lantaran masyarakat cepat paham jika pesan disosialisasikan lewat media seni budaya,” tandasnya.

Bank Indonesia mengharapkan masyarakat turut serta menjaga keawetan uang kertas. Caranya antara lain memperlakukan uang dengan baik. “Uang kertas jangan dilipat, jangan di staples, supaya awet dan mudah dikenali,” ujar Iskandar Simorangkir Direksi Bank Indonesia (BI) Jateng melalui Sugeng W Pejabat BI Sugeng W, saat sosialisasi keaslian uang rupiah dan gerakan uang bersih di Taman Tuk Buntung Cepu, Blora, semalam.

Menurutnya, mudah dikenalinya uang asli bisa dilakukan masyarakat dengan 3D (dilihat, diraba dan diterawang). “Itu bisa dilakukan jika masyarakat ikut juga dalam gerakan uang bersih,” katanya.

Didik Prasetyo Asisten Deputi Menteri BUMN meminta Perum Peruri terus melakukan inovasi agar uang rupiah tidak mudah dipalsukan pihak yang tidak bertanggungjawab. 

Menurut pria asal Cepu tersebut, kasus pemalsuan uang rupiah terus mengalami peningkatan. Dari data yang dikumpulkan, setiap satu juta lembar uang kertas yang beredar di masyarakat, 15 lembar diantaranya diduga palsu. (abdul muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved