Blora on News :
Home » , » Libatkan Ormas & Wartawan, Pelatihan Penanganan Darurat Bencana Siap Digelar

Libatkan Ormas & Wartawan, Pelatihan Penanganan Darurat Bencana Siap Digelar

infoblora.com on May 4, 2015 | 2:00 AM

BPBD Kabupaten Blora kembali akan menggelar pelatihan penanganan darurat bencana yang akan melibatkan
anggota ormas dan para wartawan. (foto-ilustrasi)
BLORA. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora kembali akan menggelar simulasi penanganan darurat bencana. Kali ini, kegiatan tersebut akan melibatkan personel dari sejumlah organisasi masyarakat dan kepemudaan, termasuk wartawan.

“Kami undang perwakilan wartawan yang ada di Blora, dua orang, untuk mengikuti pelatihan penanganan darurat bencana,” ujar Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPDB Blora Sri Rahayu, kemarin.

Dia mengungkapkan, setiap organisasi masyarakat dan kepemudaan juga diwakili minimal dua orang. “Pelatihan akan berlangsung Selasa-Rabu (5-6/5) besok,” tandasnya.

Pelatihan itu menghadirkan instruktur yang berpengalaman dalam penanganan darurat bencana. Menurut Yayuk, sapaan akrab Sri Rahayu, semua komponen masyarakat termasuk dinas dan instansi, sepatutnya turut serta dalam setiap penanggulangan bencana. Oleh karena itu, personel dari komponen tersebut harus dilatih, sehingga penanganan darurat bencana akan lebih optimal.

“Wartawan yang biasanya meliput berita, juga seharusnya paham bagaimana penanganan darurat bencana. Sehingga ketika terjadi bencana, tidak hanya meliput beritanya saja,” katanya.

Simulasi penanganan darurat bencana sebelumnya digelar BPBD di Desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban, pertengahan April. Kegiatan itu diikuti sebanyak 150 orang peserta. Terdiri dari unsur aparat pemerintah, perangkat desa, bidan, tokoh masyarakat, karang taruna, PKK, organisasi sosial masyarakat serta relawan dan masyarakat peduli bencana. Mereka berasal dari empat kecamatan. Yakni Kecamatan Kedungtuban, Cepu, Kradenan dan Kecamatan Randublatung. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved