Blora on News :
Home » , » Legalitas Kayu Perhutani KPH Blora Diperiksa

Legalitas Kayu Perhutani KPH Blora Diperiksa

infoblora.com on May 2, 2015 | 1:30 AM

Beberapa petugas memeriksa atau memverifikasi legalitas kayu di wilayah Perhutani KPH Blora.
BLORA. Tim Auditor dari PT Equality Indonesia melakukan audit kepada Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora soal verifikasi legalitas kayu (SVLK). Hal itu dilakukan untuk menilai efektivitas serta konsistensi dari Perhutani KPH Blora dalam hal penerapan sistem SVLK yang saat ini mulai dijalankan. 

Pasalnya, legalitas kayu sangat penting bahkan menjadi hal yang mendasar. Tim Audit yang terdiri dari Lead Auditor Agung Tofan, dan dua orang anggota auditor Aras Yugo, Kiki Sri Rejeki.

Menurut Administratur KPH Blora, Joko Sunarto melalui Humas Teguh, kalau dalam audit tersebut seluruh dokumen yang ada tentang legalitas kayu diperiksa dan dilihat secara langsung oleh tim. 

’’Pengecekan dokumen difokuskan pada dokumen satu tahun terakhir apakah sudah memenuhi standar atau tidak,’’ jelasnya.

Dokumen
Menurutnya, ada beberapa dokumen yang dilihat, seperti dokumen legalitas, dokumen perencanaan, serta dokumen realisasi kegaiatan dan dokumen yang bersifat prosedural, Bahkan juga dilakukan wawancara dan uji petik yang dilaksanakan di RPH Sambonganyar BKPH Ngrangkang dan RPH Bradag BKPH Ngawenombo serta di TPK Banjarbaru.

Bukan hanya itu saja yang diperiksa, ada juga keabasahan dokumen perdagangan atau pemindah tanganan kayu bulat, aspek lingkungan dan sosial yang terkait dengan penebangan juga menjadi objek pemeriksaan yang sangat penting.

Termasuk apakah memenuhi sistem dan prosedur penebangan yang sah ataupun pemenuhan terhadap peraturan ketenagakerjaan. ’’Dari hasil verifikasi yang dilakukan hasilnya cukup bagus, sebab dinyatakan telah memenuhi syarat,’’ jelasnya. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved