Blora on News :
Home » , » KPU Blora Dipastikan Dapat Anggaran Rp 18.2 Miliar Untuk Pilkada 2015

KPU Blora Dipastikan Dapat Anggaran Rp 18.2 Miliar Untuk Pilkada 2015

infoblora.com on May 27, 2015 | 12:00 AM

Pemkab Blora dan DPRD memastikan tambahan anggaran Pilkada 2015 hingga mencapai Rp 18,2 miliar.
BLORA. Kini KPU Blora lega, menyusul adanya jaminan dari jajaran pimpinan DPRD Blora, tentang kebutuhan riil dana Rp 18,2 milliar. Jaminan itu didapat setelah Ketua KPU Blora, Arifin bersama Kepala Sekretariat, Suharto menghadap pimpinan DPRD Blora, Senin (25/5) lalu.

Di pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Ketua DPRD itu, Ir H Bambang Susilo dengan didampingi dua wakil, yakni HM Dasum dan H Abdulah Aminudin, menjamin akan memenuhi kebtuhan riil dana KPU itu. Imbuhan dana sekitar Rp 7 milliar itu akan mendahului anggaran APBD Perubahan.

”Saya jamin, hanya prosedunrya pihak Pemda dalam hal ini Sekda segera membuat surat pengajuan. Jika suratnya sudah ada tentu akan kami tandatangani,” tandas Bambang.

Ketua KPU Blora, Arifin, menyatakan lega, dan sudah cukup dengan plafon anggaran Pilkada Rp 18,2 milliar itu. Termasuk ketika disinggung, bahwa di Pilkada kali ini KPU harus ploting dana untuk memfasilitasi kampanye terbuka para calon. ”Sudah cukup dengan angka Rp 18,2 itu,” tandas Arifin.

Seperti diketahui, meski tak lagi mempersoalkan jumlah anggaran penyelenggaraan Pilkada, namun KPU Blora menghendaki adanya kepastian tambahan anggaran Pilkada. Pemkab Blora dalam APBD 2015 sebelumnya telah menganggarkan dana Pilkada untuk KPU sebesar Rp 11 miliar.

Namun anggaran tersebut dinilai KPU masih kurang. Pemkab pun merencanakan tambahan dana Pilkada sebesar Rp 7 miliar dalam APBD Perubahan 2015. Sehingga total anggaran Pilkada untuk KPU sebesar Rp 18 miliar.

Sedangkan dana Pilkada untuk Panwas dalam APBD 2015 dianggarkan Rp 1,5 miliar. Sama seperti KPU, anggaran untuk Panwas itupun dianggap masih kurang. Setelah dilakukan pembicaraan termasuk dengan Bupati Djoko Nugroho, Pemkab pun berencana menambahkan anggaran tersebut sebesar Rp 2 miliar dalam APBD Perubahan 2015.

Namun belum ada kepastian apakah tambahan dana itu akan benar-benar dianggarkan dalam APBD Perubahan 2015. Oleh karena itu, untuk memastikan tambahan dana Pilkada itu sesuai yang direncanakan, KPU Blora menghendaki adanya kesepakatan yang nantinya dituangkan dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Keinginan KPU tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, pembahasan APBD Perubahan oleh Pemkab dan DPRD kemungkinan baru dilakukan pada Juli-Agustus 2015. Padahal pada saat bersamaan, sejumlah tahapan Pilkada sudah harus dilakukan.

Pelaksanaan tahapan itupun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. KPU tidak ingin tahapan Pilkada tidak dilakukan sempurna karena kurangnya dana atau bahkan anggarannya tidak tersedia di tengah jalan. (ud-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved