Blora on News :
Home » , » Dukung Ketahanan Pangan, TNI Koramil Banjarejo Tanam Talas Bersama Warga Sembongin

Dukung Ketahanan Pangan, TNI Koramil Banjarejo Tanam Talas Bersama Warga Sembongin

infoblora.com on May 20, 2015 | 6:00 AM

Anggota TNI Koramil 03 Banjarejo menanam talas Bogor jenis Bentul di lahan Poktan Tani Makmur Desa Sembongin.
BLORA. Sebagai salah satu bentuk dukungan dalam upaya mewujudkan gerakan ketahanan pangan nasional, Kodim 0721 Blora melalui Koramil 03/Banjarejo bekerjasama dengan Kantor Ketahanan Pangan (KPP) Blora dan masyarakat Desa Sembongin melakukan penanaman talas Bogor jenis Bentul di lahan seluas 200 meter persegi.

Penanaman bibit talas Bogor ini dilakukan bersama-sama dengan anggota Kelompok Tani (Poktan) Tani Makmur yang diketuai oleh Bapak Rosikin, Selasa (19/5) kemarin. Hal ini merupakan salah satu pengembangan bahan pangan lokal di Kabupaten Blora.

Dandim 0721 Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin melalui Danramil 03/Banjarejo Kapten Inf Sukemi menjelaskan bahwa di Indonesia merupakan salah satu bahan pangan pokok dan bahan pangan sampingan yang mengandung banyak zat gizi. “Talas mengandung karbohidrat yang tinggi, protein, lemak dan vitamin. Selain itu batang dan daun talas sendiri banyak dimanfaatkan warga untuk pelengkap sayur dan pembungkus makanan. Sehingga ini sangat mendukung untuk penganekaragaman bahan makanan lokal,” jelasnya.

“Terutama talas Bogor jenis Bentul sendiri memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya mempunyai ukuran umbi yang besar dengan masa panen 8-10 bulan. Ini bisa menjadi alternatif pangan masyarakat selain mengutamakan beras dan jagung,” kata Kapten Inf Sukemi.

Setelah penanaman, diharap warga yang tergabung dalam poktan Tani Makmur bisa merawat dan memelihara tanaman talas yang ditanam tersebut. Anggota TNI Koramil 03/Banjarejo tidak akan keberatan untuk membantu melakukan penyiraman jika saatnya kemarau tiba. “Komitmen kami untuk bersatu dan bersinergi bersama masyarakat mewujudkan kesejahteraan di bidang ketahanan pangan,” pungkasnya. (Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved