Blora on News :
Home » , » Dindikpora Blora : 12 Siswa SMP/MTs Tidak Mengikuti Ujian Nasional

Dindikpora Blora : 12 Siswa SMP/MTs Tidak Mengikuti Ujian Nasional

infoblora.com on May 6, 2015 | 2:00 AM

Selama pelaksanaan UN tingkat SMP-MTs ada setidaknya 12 siswa yang tidak hadir, beberapa diantaranya tidak memberikan alasan jelas. (foto-ilustrasi)
BLORA. Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP di Blora, tercatat 12 siswa yang tidak ikut UN dari 10.127 siswa SMP/MTs atau dari 13.922 siswa secara keseluruhan yang mengikuti UN tahun 2015. Untuk dua siswa SMPLB ikut semua.

“Dari data yang diterima hingga hari ini ada 12 siswa yang tidak hadir,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Blora Achmad Wardoyo melalui Kabid Pendidikan Dasar (Dikmen) Hariyadi, Selasa (5/5) kemarin.

Ia menjelaskan tiga siswa yang tidak ikut apakah sakit atau keluar dari sekolah belum ada pemberitahuan dari sekolah yang bersangkutan. Menurutnya bagi siswa yang tidak ikut UN, masih disediakan waktu untuk mengikuti ujian susulan yang dilaksanakan 11-14 Mei.
Untuk ujian susulan itu hanya dikhususkan pada mapel yang tidak diikutinya. 

Dengan demikian, jika tidak masuk satu kali maka hanya satu kali UN susulan sesuai mapel. Begitu juga jika tidak ikut selama empat hari. Namun demikian yang tidak bisa ikut UN harus bisa menunjukkan surat keterangan yang kuat kalau dia tidak bisa ikut UN.

Kepala Dindikpora Wardoyo menambahkan kalau siswa harus ikut UN, karena meskipun UN bukan lagi sebagai penentu kelulusan namun jika tidak ikut UN tentunya juga tidak akan lulus.

“Jangan sampai ada siswa yang tidak ikut UN, harus dikerjakan dengan baik dan sungguh-sunggu,” jelas Wardoyo. 

Kepala Sekolah Luar Bisa Negeri (SLBN) Jepon Blora Sutoto mengatakan ada empat siswa yang masuk SMPLBN juga ikut ujian namun bukan UN, tetapi ujian sekolah sebab kategori ketunaan berat.

“Untuk tahun ini tidak ada yang ikut UN, tetapi hanya ujian sekolah jumlahnya ada empat siswa,” ujar Sutoto. 

Di SLBN Blora menjadi pusat dari pendidikan anak berkebutuhan khusus di Blora, sebab mulai jenjang TK, SD, SMP dan SMA sudah ada. Empat siswa yang ikut US ditempatkan di aula sekolah dan juga dilakukan pengawasan dan bimbingan oleh guru yang ada. Ada dua siswa tuna grahita (C) satu siswa tunagrahita sedang (C1) dan tuna ganda (G) ada satu anak. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved