Blora on News :
Home » , » Buntut Pembekuan PSSI, Liga Nusantara Yang Diikuti Persikaba Ikut Dibubarkan

Buntut Pembekuan PSSI, Liga Nusantara Yang Diikuti Persikaba Ikut Dibubarkan

infoblora.com on May 8, 2015 | 2:00 AM

Setelah berhasil menduduki puncak klasemen sementara Liga Nusantara Jateng 2015, ternyata Persikaba Blora terpaksa mengakhiri kiprahnya karena liga tersebut dibubarkan.
BLORA. Teka teki kelanjutan Liga Nusantara Jateng akhirnya terjawab. Dalam pertemuan klub di Semarang, kemarin, diputuskan kompetisi sepak bola Liga Nusantara Jateng dibubarkan. ”Itu keputusan yang berat. Tapi karena sudah merupakan keputusan bersama seluruh klub Liga Nusantara Jateng, kami harus menerimanya,” ujar Ketua Persikaba Agung Waskito, kemarin. 

Pertemuan yang digelar di sekretariat Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jateng tersebut dihadiri seluruh pengurus klub peserta Liga Nusantara Jateng. Selain itu hadir pula pengurus tim Liga Soeratin U-18 Jateng. 

Dalam pertemuan itu, Asprov PSSI Jateng menawarkan dua opsi. Yakni Liga Nusantara dihentikan menyusul dibekukannya PSSI Pusat oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Menpora juga merekomendasikan kepada Kapolri untuk tidak memberikan izin keramaian pertandingan kompetisi sepak bola dalan naungan PSSI. Menyikapi hal itu, PSSI Pusat memutuskan penghentian seluruh kompetisi sepak bola di Indonesia. Opsi lainya yang ditawarkan Asprov PSSI Jateng dalam pertemuan itu adalah melanjutkan Liga Nusantara dan Liga Soeratin namun hanya dalam lingkup Jawa Tengah, dengan persyaratan pihak kepolisian memberikan izin keramaian pertandingan.

”Setelah dilakukan pembahasan cukup alot, akhirnya diputuskan Liga Nusantara Jateng dihentikan,” kata Agung Waskito yang juga anggota komite eksekutif (Exco) Asprov PSSI Jateng. 

Hanya saja menurut Agung, Liga Soeratin Jateng akan dilanjutkan dengan nama lain. Yakni turnamen sepak bola U-18 Piala Asprov PSSI Jateng. Formatnya pun tidak jauh beda dengan Liga Soeratin. ”Melanjutkan Liga Soeratin yang sudah masuk pertandingan terakhir di babak penyisihan grup, namun namanya diubah,” katanya.

Sementara itu, menyikapi dibubarkannya Liga Nusantara Jateng, Agung Waskito menegaskan pihaknya tidak serta merta membubarkan pula tim Persikaba. Menurutnya, kesebelasan berjuluk Laskar Arya Penangsang itu tetap akan dipertahankan. ”Hanya mungkin ada pengurangan jumlah pemain,” tandasnya. 

Dia menyebutkan, sejumlah tawaran mengikuti turnamen sepak bola datang ke Persikaba. Salah satunya adalah turnamen yang digelar di Magelang. Agung yang juga ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Blora menyatakan, Persikaba akan turut serta dalam turnamen itu. ”Eman-eman kalau tim Persikaba saat ini dibubarkan. Kami juga masih menunggu perkembangan lebih lanjut di tingkat pusat,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu perkembangan yang ditunggu- tunggu adalah putusan hakim dalam sidang PTUN. PSSI Pusat sebelumnya telah melayangkan gugatan terhadap surat pembekuan PSSI oleh Menpora. Jika hakim dalam putusannya memenangkan gugatan PSSI, maka tidak ada alasan bagi Menpora melarang digelarnya pertandingan kompetisi sepak bola PSSI. (abdul muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved