Blora on News :
Home » , » Akan Mulai Giling, Komisi B DPRD Minta Jaminan PT.GMM Serap Tebu Petani Blora

Akan Mulai Giling, Komisi B DPRD Minta Jaminan PT.GMM Serap Tebu Petani Blora

infoblora.com on May 11, 2015 | 12:30 AM

Aktifitas bongkar muat tebu di Pabrik Gula PT.GMM belum lama ini.
BLORA. Pabrik gula Blora PT Gendhis Multi Manis (GMM) di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, akan segera memulai musim giling tebu pada pada 25 Mei 2015. Menyikapi hal itu, Komisi B meminta jaminan tanaman tebu milik petani terserap seluruhnya.

’’Jangan sampai pengalaman tahun lalu terulang lagi di mana banyak tebu petani Blora tidak terserap oleh PT GMM. Tahun ini semuanya harus terserap, kami minta jaminan,’’ ujar Ketua Komisi B, Subroto, kemarin. 

Politisi PDIP dari Kecamatan Todanan itu menegaskan, memahami kendala yang dihadapi pabrik gula Blora di tahun sebelumnya. Apalagi 2014 merupakan tahun pertama musim giling PT GMM. Menurut dia, setelah dilakukan evaluasi dan perbaikan sarana dan prasarana pabrik, tidak ada alasan lagi untuk tidak menyerap tebu petani Blora seluruhnya. ’’Dalam waktu dekat ini kami akan cek langsung pabrik gula tersebut,’’tandasnya.

Selain terkait penyerapan tebu, Subroto juga menghendaki pabrik gula lebih banyak mempekerjakan tenaga kerja lokal. Terutama warga desa di sekitar pabrik. ’’Keberadaan pabrik harus bermanfaat bagi masyarakat,’’ tegasnya.

Sosialisasi rencana musim giling tebu telah dilakukan PT GMM awal April 2014. Sosialisasi dihadiri Bupati Djoko Nugroho. Dalam kesempatan itu Presiden Direktur PT GMM Kamajaya menyatakan, tetap pada komitmen awal untuk menyerap semua tebu hasil petani Blora.

’’Tahun 2015 ini kami pastikan semua tebu petani Blora akan terserap di pabrik. Sebelumnya pada 2014 memang ada kendala pada boiler mesin yang bermasalah sehingga pabrik tidak bisa menyerap tebu petani secara maksimal. Namun kini alat sudah selesai dibenahi dan siap giling,’’ungkapnya. (abdul muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

1 komentar:

ani samin said...

Gmm ? Gak percoyo..pg rafinasi

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved