Blora on News :
Home » , » ADD Belum Cair, Kades dan Perangkat Desa se Kab.Blora Belum Gajian Sejak Januari

ADD Belum Cair, Kades dan Perangkat Desa se Kab.Blora Belum Gajian Sejak Januari

infoblora.com on May 21, 2015 | 1:30 AM

Para Kades dan perangkat desa se Kabupaten Blora hingga bulan Mei ini belum menerima gaji (penghasilan) akibat belum cairnya alokasi dana desa (ADD) sejak Januari.
BLORA. Perangkat desa se-Blora sejak bulan Januari 2015 hingga sekarang belum menerima penghasilan tetap (siltap). Itu terjadi karena alokasi dana desa (ADD) belum bisa cair menyusul belum lengkapnya persyaratan pengajuan pencairan yang dilakukan desa-desa di Blora.

Kondisi tersebut dipertanyakan Ketua Persatuan Perangkat Desa Republik Indonesia (PPDRI) Kabupaten Blora, H Latif. ‘’Saya ditanya teman-teman perangkat, kenapa sampai sekarang belum cair? Padahal APBD sudah ditetapkan bulan Januari 2015,’’ ujar Latif, Rabu (20/5).

Selain hak penghasilan tetap, para perangkat desa tersebut juga belum menerima tunjangan jabatan dan tunjangan peningkatan kinerja. Menurut Latif, pada tanggal 27 Mei 2015 nanti akan ada apel akbar gerakan cinta desa bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Alun-alun Kabupaten Batang.

‘’Kami sudah mendapatkan undangan, tetapi karena kondisinya seperti ini, banyak teman-teman perangkat yang galau, akan ikut apel atau tidak? ” kata dia.

Siltap kades yang masuk dalam ADD besarannya bervariasi atau berbeda antar desa. Namun rata-rata Rp 1,6 juta perbulan. Sedangkan siltap perangkat desa Rp 900 ribu per bulan.

Semestinya siltap tersebut dibayarkan perbulan, namun karena ADD belum cair, para kades dan perangkat desa di Blora belum menerima siltap tersebut. Jumlah ADD yang dialokasikan untuk setiap desa tahun ini juga bervariasi. ADD terkecil Rp 245 juta dan terbesar Rp 750 juta.

‘’Sama seperti anggota DPRD yang belum mendapatkan, kades dan perangkat desa di Blora juga belum memperoleh siltap. Penyebabnya karena ADD belum cair. Siltap itu melekat pada ADD,’’ ujar Siswanto SPd, anggota Komisi A DPRD Blora. (abdul muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved