Blora on News :
Home » , » 287 Guru se Kabupaten Blora Ikuti Kursus Mahir Dasar Kepramukaan

287 Guru se Kabupaten Blora Ikuti Kursus Mahir Dasar Kepramukaan

infoblora.com on May 26, 2015 | 1:00 AM

Bupati Djoko Nugroho hadiri pembukaan Kursus Mahir Dasar (KMD) Kepramukaan yang diikuti guru-guru se Kabupaten Blora.
BLORA. Sebanyak 287 guru PAUD hingga SMA/sederajat se-Kabupaten Blora mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) Kepramukaan. Kursus yang dibuka Bupati Djoko Nugroho tersebut berlangsung selama satu pekan hingga 31 Mei. Pembukaan kursus dilakukan di aula UPTD TK/SD Kecamatan Kedungtuban.

KMD itu digelar guna memberikan ilmu kepramukaan kepada seluruh guru (tenaga pendidik) yang nantinya bertugas sebagai pembina pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi setiap sekolah.

Selain itu, kursus dasar tersebut juga sebagai upaya peningkatan pendidikan kepramukaan dan langkah nyata revitalisasi gerakan pramuka di Blora. Djoko Nugroho menyatakan, KMD adalah jenjang pertama kursus pembina mahir. Peserta KMD adalah anggota dewasa yang akan membina anggota muda di gugus depan.

’’Maka, seorang pembina diharuskan mempraktikkan dan mengembangkan pengetahuan yang diperolehnya, guna mendapatkan pengalaman membina di gugus depan dalam program pemantapan dasar,’’ujarnya.

Bupati berharap, dengan adanya pelatihan ini, kegiatan pramuka di Blora akan bisa lebih meningkat. Pembinapembina yang telah dilatih, diharapkan mampu mencetak pramuka-pramuka muda yang handal, kreatif dan berdaya guna. ’’Dengan demikian, bisa menjadi tumpuan dan harapan bagi bangsa dan negara yang kita cintai ini,’’tandasnya.

Menurutnya gerakan pramuka selama ini terbukti manfaatnya bagi masyarakat maupun generasi muda. Melalui gerakan pramuka, siswa dilatih mandiri. ’’Kemandirian itu sebagai bekal hidup saat menginjak dewasa,’’katanya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved