Blora on News :
Home » , » Warga Desa Sidomulyo Gotong Royong Bersama TNI Bersihkan Saluran Irigasi

Warga Desa Sidomulyo Gotong Royong Bersama TNI Bersihkan Saluran Irigasi

infoblora.com on Apr 21, 2015 | 1:00 AM

Warga dibantu beberapa anggota babinsa TNI Koramil Banjarejo membersihkan saluran irigasi sawah di Dukuh Tengger Desa Sidomulyo Kecamatan Banjarejo.
BLORA. Saluran irigasi di Dukuh Tengger, Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo diperbaiki dan dibersihkan oleh masyarakat dan kelompok tani dibantu personel TNI Koramil Banjarejo, secara goyong royong. Pembersihan dilakukan karena banyak semak-semak di saluran irigasi tersebut, serta beberapa mengalami pendangkalan.

Di sela-sela pembersihan Danramil Banjarejo Kapten Inf Sukemi mengatakan, bahwa irigasi menjadi hal yang paling utama alam pertanian. Sebab jika sarana irigasi buruk maka hasil pertanian tentu tidak akan baik, khususnya tanaman padi. ’’Pembersihan dilakukan agar saluran irigasi menjadi lebih bersih dan air mengalir lancar,’’ jelasnya.

Menurutnya, pembersihan di sekitar irigasi dilakukan sepanjang 700 meter. Dengan irigasi yang baik, diharapkan hasil pertanian akan maksimal dan sekaligus dilakukan dalam upaya mendukung peningkatan produksi padi jagung dan kedelai. ’’Dengan demikian, target swasembada pangan akan bisa tercapai,’’ ujarnya. 

Dia melihat masih banyak saluran irigasi yang perlu di bersihkan agar air bisa di manfaatkan dengan baik oleh petani. Ke depan perbaikan ataupun pembersihan irigasi bersama kelompok tani setempat akan kami lakukan. ’’Bersama masyarakat dan petani TNI akan siap dalam membersihkan saluran irigasi yang ada,’’ tegasnya. 

Terpisah Ketua Komisi B DPRD Blora, Subroto mengatakan, irigasi harus menjadi perioritas pembangunan di Blora. Dia melihat saat ini masih banyak sarana irigasi dalam kondisi kurang baik. ’’Apa yang dilakukan TNI bersama masyarakat dalam memperbaiki saluran irigasi harus terus dilakukan,’’ ujarnya. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved