Blora on News :
Home » , » Usai Diperingatkan, PKL Jalur Protokol Mulai Ditertibkan Satpol PP Blora

Usai Diperingatkan, PKL Jalur Protokol Mulai Ditertibkan Satpol PP Blora

infoblora.com on Apr 2, 2015 | 2:00 AM

Setelah melayangkan surat peringatan, kemarin petugas Satpol PP Blora lakukan penertiban lapak PKL di sejumlah jalan protokol Kota Blora.
BLORA. Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di tepi jalan di jalur protokol, Rabu (1/4). Kepala Pol PP Sri Handoko mengklaim, penertiban itu dilakukan setelah pihaknya memberikan peringatan kepada PKL beberapa hari sebelumnya.

Dia menuturkan, pada hari H pelaksanaan penertiban juga telah diberitahukan kepada pedagang. ’’Namun sampai hari H penertiban ternyata masih ada PKL yang berjualan di tepi jalan umum di atas trotoar. Kepada mereka kami lakukan penertiban,’’ ujarnya, saat dijumpai memimpin penertiban PKL di Jalan Dr Soetomo di depan RSU Dr R Soetijono Blora. 

Selain di Jalan Dr Soetomo, penertiban PKL dilakukan pula di sejumlah lokasi.
Di antara di Jalan MR Iskandar, Jalan RA Kartini, Gatot Subroto, kawasan pasar induk Blora serta di jalan lain di jalur protokol. ’’Kami lakukan penertiban dengan cara persuasif mengedepankan unsur kemanusian tanpa kekerasan,’’ tuturnya.

Dalam penertiban itu, petugas Pol PPbersama personel Linmas, memberikan kesempatan kepada PKL untuk membongkar sendiri lapak barang dagangan. Mereka juga turut membantu melakukan pembongkaran jika diminta oleh pedagang. ’’Kalau ada orangnya, kami persilahkan membongkar sendiri lapaknya. Adapun lapak yang ditinggal, terpaksa kami amankan lapak tersebut,’’ katanya.

Dia menegaskan, Sat Pol PP tidak melarang PKL berjualan. Hanya saja, jualan hendaknya bukan di tepi jalan umum. Sebab akan mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Trotoar juga diperuntukan bagi pejalan kaki, bukan untuk tempat berjualan. 

’’Silahkan saja berjualan. Kami tidak melarangnya. Berjualan bisa dilakukan menjelang sore hingga malam hari, bukan pagi atau siang,’’ tegasnya. 

Penertiban PKL dengan pemantauan sejumlah personel polisi Polres Blora itupun berjalan lancar. Tak ada perlawanan dari PKL. Hanya saja sejumlah PKL menghendaki penertiban dilakukan menyeluruh. 

’’Jangan sampai nanti muncul kecemburuan. Sebab ada PKL yang masih berjualan di lokasi yang dilarang. Karena itu kami harapkan petugas tidak pilih kasih. Kalau ditertibkan ya semuanya harus ditertibkan’,’’ kata Nyarmi, salah seorang PKL. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved